Senin, 15 Maret 2021 14:02

Pemkab Jeneponto-UNM Makassar Teken MoU Program Pendidikan dan Pengembangan SDM

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penandatanganan dilaksanakan di sela-sela coffee morning Pemkab Jeneponto, Senin (15/3/2021).
Penandatanganan dilaksanakan di sela-sela coffee morning Pemkab Jeneponto, Senin (15/3/2021).

Kerja samanya meliputi pendidikan, pelatihan, penelitian, pendampingan, dan pengembangan sumber daya manusia.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO - Pemerintah Kabupaten Jeneponto menerima kunjungan Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar (UNM), Thamrin Tahir, Senin (15/3/2021).

Kunjungan ini dalam rangka penandatangan nota kesepahaman kerja sama dalam program pendidikan, pelatihan, penelitian, pendampingan, dan pengembangan sumber daya manusia.

Penandatanganan dilaksanakan di sela-sela coffee morning. Hadir mendampingi Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, yakni Sekretaris Daerah, Syafruddin Nurdin, para kepala OPD, para kabag, serta camat se-Jeneponto. Turut hadir pula beberapa ketua jurusan Fakultas ekonomi UNM.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

"Pemerintah daerah meneken kerja sama dalam hal pendidikan, pelatihan, penelitian, pendampingan, dan pengembangan sumber daya manusia di ruang lingkup pemerintahan desa serta kelurahan," kata Kabid Humas Infokom Pemkab Jeneponto, Mansur, Senin (15/3/2021).

Pada kesempatan ini, Dekan Fakultas Ekonomi UNM, Thamrin Tahir, mengapresiasi dan berterima kasih kepada pemerintah karena telah diberikan ruang mengabdi di Jeneponto.

Thamrin menjelaskan, penandatangan nota kesepahaman ini membuktikan Jeneponto tidak hanya mengedepankan akuntabilitas tata kelola pemerintahan di tingkat daerah, tetapi juga berkomitmen melakukan pembinaan dan perbaikan sampai tingkat desa dan kelurahan.

Baca Juga : Membumikan Semangat Cinta Qur'an, Kabupaten Jeneponto Sukses Tuntaskan Program 1000 Hafidz

Thamrin berpandangan, di Sulawesi Selatan masih banyak desa dan kelurahan yang membutuhkan pendampingan dan pelatihan tata kelola pemerintahan.

"Sekiranya Bapak Bupati berkenan memberikan satu desa di Kabupaten Jeneponto ini untuk kami jadikan binaan dalam hal tata kelola pemerintahan. Yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan," begitu kata Thamrin.

Sementara itu, Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, menyambut baik serta berterima kasih kepada UNM atas program pembinaan yang akan dilaksanakan.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Hadiri Rakornas Investasi 2023

Melalui kesempatan itu juga Bupati memberikan ruang mengabdi seluas-luasnya kepada Fakultas Ekonomi UNM.

"Tadi Pak Prof meminta satu desa untuk dijadikan binaan, jangankan satu, desa banyak juga tidak apa-apa," kata Bupati.

Bupati menambahkan, Jeneponto memiliki tiga karakter wilayah, yakni pengunungan, dataran rendah, dan pesisir. "Untuk itu saya berharap kepada Pak Prof beserta tim untuk menjadikan satu desa binaan di masing-masing wilayah tersebut," ujarnya.

Baca Juga : Bupati Jeneponto Melantik Pejabat Struktural

Bupati juga meminta kepada OPD terkait untuk segera melakukan aksi dan komunikasi agar program yang telah disepakati segera dijalankan.

"Penandatanganan nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama ini merupakan salah satu upaya penting dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa serta kelurahan yang lebih baik ke depannya," ucap Iksan.

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto #UNM