Minggu, 14 Maret 2021 16:59

Viral Aliran Hakekok, Anggota Komisi VIII Minta Kemenag Lakukan Pembinaan

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Muhammad Fauzi
Muhammad Fauzi

Anggota Komisi VII DPR RI Muhammad Fauzi meminta agar Kementerian Agama bersama para tokoh agama untuk memberikan pembinaan terhadap pengikut aliran Hakekok.

RAKYATKU.COM, JAKARTA - Kepolisian mengamankan 16 orang pengikut aliran Hakekok di Pandeglang saat melakukan ritual mandi bareng tanpa busana, Kamis (11/3) lalu.

Ritual menyimpang itu dilakukan di Desa Karang Bolong, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Banten. Video penggerebekan aliran tersebut sempat viral di media sosial.

Anggota Komisi VII DPR RI Muhammad Fauzi meminta agar Kementerian Agama bersama para tokoh agama untuk memberikan pembinaan. Menurutnya, munculnya aliran seperti ini terkadang disebabkan kurangnya pengetahuan tentang agama.

Baca Juga : Waspada! Oknum Catut Nama Anggota DPR RI Muhammad Fauzi untuk Penipuan di Medsos

"Penyuluh keagamaan di kemenag perlu segera melakukan pembinaan. Meskipun telah diamankan oleh pihak kepolisian, solusi terbaik bagi pengikut kelompok seperti ini adalah diberi pemahaman agama yang benar agar tak mengulanginya," jelasnya.

Apalagi, jelas, Anggota DPR dari Dapil Sulsel III ini, aliran tersebut sebelumnya telah pernah ada di tahun 2009. Kemunculannya kembali di tengah masyarakat dinilai perlu perhatian lebih serius agar tidak kembali terulang.

Fauzi juga mengapresiasi langkah cepat pihak kepolisian yang langsung mengamankan. Sebab, bisa saja mengundang respon yang tidak diinginkan dari masyarakat setempat.

Baca Juga : Luwu Utara Jadi Kabupaten Penerima Manfaat Terbesar Program TPS3R di Selo Selatan

"Jika memang ada unsur tindak pidana tentu perlu diberi sanksi tegas. Khususnya bagi pimpinan aliran tersebut," terangnya.

Sebelumnya, polisi mememukan jimat dan kondom saat mengamankan oengikut aliran tersebut. Dari hasil interogasi polisi, diduga pimpinan aliran hakekok menggauli para santri dengan dalih perkawinan gaib.

#muhammad fauzi