Kamis, 11 Maret 2021 13:31

YouTube Mulai Kenakan Pajak kepada Konten Kreator

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
YouTube Mulai Kenakan Pajak kepada Konten Kreator

YouTube telah meminta pembuat konten untuk mengirimkan informasi pajak mereka ke AdSense untuk memahami jumlah pajak yang benar untuk dipotong.

RAKYATKU.COM -- Ada kabar buruk bagi kreator. YouTube milik Google telah mengumumkan untuk memotong pajak dari pembayaran kepada kreator di luar Amerika Serikat.

Dalam email ke YouTuber, raksasa teknologi itu mengatakan bahwa pajak tambahan akan dikenakan pada mereka mulai awal Juni 2021.

"Selama beberapa pekan ke depan, kami akan meminta Anda untuk mengirimkan informasi pajak Anda di AdSense untuk menentukan jumlah pajak yang tepat untuk dipotong, jika ada. Jika informasi pajak Anda tidak diberikan sebelum 31 Mei 2021, Google dapat mengurangi hingga 24 persen dari total penghasilan Anda di seluruh dunia," kata Google dalam email tersebut.

Baca Juga : AS Akan Tarik Pajak dari YouTuber, Bisa Capai Seperempat dari Pendapatan

Tindakan ini juga akan memengaruhi komunitas pembuat YouTube. YouTube telah meminta pembuat konten untuk mengirimkan informasi pajak mereka ke AdSense untuk memahami jumlah pajak yang benar untuk dipotong.

Misalnya, jika pembuat YouTube dalam program mitra mendapatkan $ 1.000 dari YouTube pada bulan lalu. Dari $ 1.000, saluran mereka menghasilkan $ 100 dari pemirsa AS.

Jika kreator tidak mengirimkan info pajak, maka pemotongan pajak final adalah $ 240 karena tarif pemotongan pajak hingga 24 persen dari total penghasilan di seluruh dunia jika mereka tidak mengirimkan info pajak.

Baca Juga : AS Akan Tarik Pajak dari YouTuber, Bisa Capai Seperempat dari Pendapatan

"Artinya, hingga pembuatnya mengirimkan informasi pajak yang lengkap, kami harus memotong hingga 24 persen dari total penghasilan mereka di seluruh dunia, bukan hanya penghasilan mereka di AS," kata YouTube di laman resminya.

Jika pencipta mengirimkan informasi pajak dan mengklaim manfaat perjanjian, maka potongan pajak final adalah $ 15. Aturan ini berlaku di India.

"Ini karena India dan AS memiliki hubungan perjanjian pajak yang mengurangi tarif pajak hingga 15 persen dari penghasilan pemirsa di AS," kata YouTube.

Baca Juga : AS Akan Tarik Pajak dari YouTuber, Bisa Capai Seperempat dari Pendapatan

Jika kreator mengirimkan info pajak tetapi tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan manfaat perjanjian pajak, potongan pajak finalnya adalah $ 30. Ini karena tarif pajak tanpa perjanjian pajak adalah 30 persen dari penghasilan penonton di AS.

Setelah Google mulai memotong pajak, pembuat akan melihat jumlah akhir yang dipotong dalam Laporan Transaksi Pembayaran AdSense reguler mereka.

#pajak youtube