Kamis, 11 Maret 2021 09:49

Jadi Motivator Pelatihan Teknis Tematik Cabai, Muslimin Bando: Jangan Jadi Petani Miskin

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jadi Motivator Pelatihan Teknis Tematik Cabai, Muslimin Bando: Jangan Jadi Petani Miskin

Muslimin Bando memotivasi petani agar menjadi petani yang kaya dengan memanfaatkan teknologi modern.

RAKYATKU.COM,ENREKANG -- Bupati Enrekang, H Muslimin Bando (MB) menjadi motivator dalam pelatihan teknis tematik cabai bagi non aparatur di Kawasan Industri Maiwa, Sabtu (6/3/2021).

Di hadapan peserta pelatihan, bupati Enrekang dua periode itu menyatakan niatnya untuk terus mengembangkan pertanian di Enrekang. Dan salah satu, lokus tanaman primadona yaitu cabai dan bawang merah.

“Di lokasi ini (kawasan industri Maiwa), awalnya dikira susah menumbuhkan komoditi bawang. Tapi, saya datang di sini dan bisa buktikan, ternyata bawang bisa tumbuh dan baik sekali hasilnya,” beber MB.

Baca Juga : Bupati Enrekang dan Wakilnya Apresiasi Antusiasme Masyarakat Saat Pembukaan Mafest 2023

Ia juga menambahkan bahwa pemda saat ini tengah merancang konsep destinasi agro di Enrekang sebagai bentuk program jangka panjang yang akan segera direalisasikan.

“Kita sudah beberapa kali diundang kementerian untuk menyampaikan potensi yang kita miliki, dan saya rasa kita semua ini adalah pelakunya di masa yang akan datang,” tambahnya.

Pelatihan yang diikuti peserta kurang lebih 30 orang tersebut. Berasal dari dua kabupaten yaitu Sidrap dan Enrekang yang berlangsung 4-6 Maret 2021.

Baca Juga : Optimalkan Penerimaan Pajak, Bupati Enrekang Teken Perjanjian Kerjasama dengan DJP-DJPK

Di akhir sesi, MB kemudian menyampaikan bahwa petani harus menjadi petani yang kaya di era sekarang. Salah satu yang harus dilakukan adalah beralih ke arah terapan modern dengan menggunakan alat-alat modern seperti alsintan.

“Petani zaman sekarang harus merubah mindsetnya. Jangan jadi petani miskin tapi harus menjadi petani kaya dan tentunya harus dengan konsep modern yang terus berkembang,” katanya.

Penulis : Hasrul Nawir
#muslimin bando #enrekang