Kamis, 11 Maret 2021 07:02

Bersama Tim SAR Gabungan, Sabhara Polres Gowa Evakuasi Korban Banjir di Manggarupi

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bersama Tim SAR Gabungan, Sabhara Polres Gowa Evakuasi Korban Banjir di Manggarupi

Selain melakukan evakuasi, personel juga melaksanakan patroli untuk memberikan imbauan agar masyarakat bergerak ke lokasi yang aman.

RAKYATKU.COM - Hujan yang terjadi selama dua hari terakhir mengakibatkan banjir di beberapa kabupaten, termasuk di Kabupaten Gowa.

Akibat banjir tersebut, sejumlah warga harus mengungsi untuk sementara mencari tempat yang lebih aman.

Terkait banjir yang terjadi akibat hujan tersebut, Satuan Sabhara Polres Gowa bergerak cepat. Bersama dengan tim SAR gabungan melakukan penanganan dan evakuasi korban banjir di kompleks Mutiara Permai Manggarupi, Sungguminasa, Rabu (10/3/2021).

Baca Juga : Ini Solusi Darurat Kementan Atasi Dampak Banjir di Pati

Satuan Sabhara Polres Gowa bersama Tim SAR Gabungan menyisir ke setiap rumah-rumah warga.Terutama untuk mengevakuasi warga usia lanjut dan anak-anak agar tidak menimbulkan korban jiwa. Evakuasi dilakukan dengan menggunakan perahu Kano.

"Evakuasi difokuskan kepada lansia dan juga anak mengingat volume air semakin meninggi karena curah hujan juga masih tinggi, mereka dievakuasi ke tempat yang lebih aman,” kata Kasat Sabhara Polres Gowa, AKP Al Habsi.

Selain melakukan evakuasi, personel juga melaksanakan patroli untuk memberikan imbauan agar masyarakat bergerak ke lokasi yang aman mengingat intensitas hujan masih cukup tinggi. Sehingga dikhawatirkan akan meningkatkan volume ketinggian air.

Baca Juga : Resmikan Geral Browcyl ke-17 di Kawasan Pallangga Kabupaten Gowa

"Kami pun memberi imbauan kepada warga agar untuk sementara mencari tempat yang lebih aman," tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Gowa AKBP Budi Susanto, menyampaikan, penanganan dan penanggulangan banjir dilaksanakan secara terpadu bersama BNPB Kabupaten Gowa dan Kodim 1409 Gowa. Saat ini, kata Wahyu, tim terus memonitor ketinggian air sebagai bentuk antisipasi.

“Penanganan secara terpadu sedang dilaksanakan. Tentu mudah-mudahan curah hujan menurun dan debit air segera surut,” katanya.

Penulis : Syukur
#banjir #Gowa