Selasa, 09 Maret 2021 20:17

Dihadiri Plt Gubernur Sulsel, Perayaan Hari Jadi Barru ke-61 Sukses Digelar secara Hybrid

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, hadir langsung pada acara Hari Jadi Barru ke-61, Selasa (9/3/2021).
Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, hadir langsung pada acara Hari Jadi Barru ke-61, Selasa (9/3/2021).

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, yang hadir di lokasi lingkungan Kantor Bupati Barru, kemudian diterima di tempat acara, pada pukul 09.30 pagi, Selasa (9/3/2021).

RAKYATKU.COM, BARRU - Pelaksanaan Hari Jadi Kabupaten Barru ke-61 2021 berjalan sukses. Konsep acara yang dikemas sedemikian canggih meski dibatasi oleh protokol kesehatan COVID-19, tetap mampu mengangkat semua peristiwa, pidato, dan agenda penting, menyebar ke semua warga Barru.

Pelaksanaan kegiatan kali ini digelar secara hybrid, gabungan antara luring dan daring. Tidak kurang dari empat saluran teknologi komunikasi, baik melalui Zoom Meeting yang hadirkan semua OPD, camat, desa, dan lurah bergabung dalam satu layar.

Selain itu, ada tayangan di masyarakat melalui akun Facebook dan Instagram Humas Barru, termasuk disiarkan melalui live YouTube Barru Channel.

Baca Juga : Bupati Barru Gelar Buka Puasa untuk Mengenang Almarhumah Hasnah Syam

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, yang hadir di lokasi lingkungan Kantor Bupati Barru, kemudian diterima di tempat acara, pada pukul 09.30 pagi, Selasa (9/3/2021).

Rombongan Andi Sudirman kemudian dijemput dengan musik dan tarian khas Bugis pertanda penyambutan tamu kehormatan, sebelum naik ke lantai VI Menara Mal Pelayanan Publik (MPP) Barru, di tempat acara.

Ruangan yang telah disulap oleh panitia menjadi lebih eksklusif dan tetap menjaga jarak serta membatasi undangan jadi saksi perayaan puncak hari jadi kali ini.

Baca Juga : Bupati Barru Berikan Penghargaan dan Insentif kepada Petugas Kebersihan

Nuansa napas keagamaan Barru sangat terasa, ketika secara berurut, Qariah Husnul Khatimah, membacakan ayat suci Al-Qur’an dengan sangat indahnya.

Demikian pula, ketika Ketua MUI Kabupaten Barru yang juga Pimpinan Ponpes DDI Mangkoso, Anregurutta Faried Wajdy memimpin doa pujian dan rasa syukur, kepada Sang Pencipta, dan secara khusuyuk diaminkan oleh segenap hadirin.

"Rasulullah sallalahu alaihi wassalam, dalam hadisnya mengatakan, tatkala berkumpul orang banyak, lalu di antara mereka (ada yang memimpin) membacakan doa, kemudian diaminkan, maka Allah subhanahu wa ta'Ala akan mengabulkan doa itu," ucap Anregurutta Faried Wajdy di hadapan Undangan.

Baca Juga : Pemkab Barru Serahkan Laporan Keuangan 2023 ke BPK

Selain Plt Gubernur Sulsel, turut hadir selaku undangan, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdysam, Wakil Ketua DPRD Sulsel, Muzayyin Arief, bersama beberapa mantan Ketua DPRD Barru, Fakhruddin Sabir.

Yang lainnya, yakni mantan Wakil Bupati Barru, Andi Anwar Aksa, Ketua KKDB Yasin Azis, mantan Kapolres Barru yang kini menjadi Kapolres Kota Parepare Welly Abdillah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sulsel, serta undangan lainnya.

Kemudian, Ketua DPRD Barru, Lukman T., membuka rapat paripurna istimewa peringatan Hari Jadi Kabupaten Barru ke-61 ini.

Baca Juga : 145 ASN PPPK Pemkab Barru Teken Perjanjian Kerja

"Dengan suasana kesederhanaan, efisien, dan ekonomis, sebagai bagian dari upaya memutuskan mata rantai pandemi COVID-19, rapat paripurna istimewa DPRD, hari ini, saya nyatakan dibuka dan terbuka untuk umum," ucap Lukman T. Dia kemudian mengetuk palu sidang, penanda disaksikan dan disetujuinya hari jadi oleh seluruh rakyat Barru.

Pelaksanaan Hari Jadi Barru yang selalu didalamnya dibacakan sejarah Barru. Kali ini dibacakan oleh Sekretaris Daerah Barru, Abustan.

Abustan yang pada bulan ini, telah mencukupi satu tahun masa kerja jabatan selaku Sekretaris Daerah Barru defenitif, dengan tenang membacakan linimasa Barru, bahkan sejak tiga ratusan tahun lalu, ketika nusantara masih terpecah dalam kerajaan kecil.

Baca Juga : Musrenbang Kabupaten Barru Tahun 2025: Akselerasi Menuju Barru Yang Mandiri

Sejarah Barru kemudian diuraikan lugas, sampai ke penetapan berdasarkan regulasi, bahwa 20 Februari 1960, adalah penanda administrasi lahirnya Kabupaten Barru, dengan Letkol La Nakka, sebagai Bupati Barru yang pertama.

Abustan kemudian membaca secara berurut segenap data dan tahun Bupati, Wakil Bupati, dan Ketua DPRD dari tahun ke tahun. Yang menarik, ketika pembacaan data Bupati Barru di angka 17, Sekda Barru yang pernah menduduki Jabatan Rangkap selaku Pelaksana Harian (Plh) Bupati Barru, mendapat perhatian dan apresiasi.

"Tujuh belas, Abustan AB, Plh Bupati Barru selama delapan Hari. Saya ucapkan terima kasih dari 18 Februari hingga 25 Februari itu," sebut Sekda Abustan membacakan data dan refleks berterima kasih atas apresiasi hadirin.

Baca Juga : Musrenbang Kabupaten Barru Tahun 2025: Akselerasi Menuju Barru Yang Mandiri

Kemudian, Bupati Barru, Suardi Saleh, naik ke mimbar kehormatan memulai pidatonya yang disaksikan oleh segenap lapisan masyarakat Barru, melalui saluran teknologi komunikasi.

#Pemkab Barru #Hari Jadi Barru