Selasa, 09 Maret 2021 19:33

69 Negara Dapat Vaksin Covid-19 Gratis dari China

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi (kumparan)
Ilustrasi (kumparan)

Dalam upaya perbaikan ekonomi, China ikut membantu negara-negara di dunia. Tercatat 69 negara sudah mendapat vaksin gratis dari China.

RAKYATKU.COM - China terus berupaya membantu negara-negara di dunia dalam hal pengadaan vaksin Covid-19. Tercatat sudah ada 69 negara yang mendapat vaksin gratis dari China.

"China telah melakukan aksi kemanusiaan darurat terbesarnya sejak berdirinya Republik Rakyat China pada 1949, memberikan kontribusi terhadap upaya anti-virus Corona dunia," kata Menteri Luar Negeri China, Wang Yi yang dilaporkan China.org.cn dikutip dari republika.co.id, Selasa (9/3/2021).

Wang mengungkapkan, secara khusus China telah memberikan vaksin Covid-19 ke 35 negara Afrika dan Komisi Uni Afrika. Sejauh ini, China telah menyediakan hampir 120 batch pasokan darurat ke Afrika, dan mengirim tim ahli medis ke 15 negara Afrika untuk mendukung perjuangan mereka melawan pandemi.

Baca Juga : Tekanan Barat Mendekatkan Tiongkok dan Rusia

"Membantu negara-negara Afrika mengatasi pandemi Covid-19 dan mengembalikan ekonomi mereka ke jalur yang benar adalah prioritas utama kerja sama China-Afrika," ujar Wang.

Menurut Wang, sesi baru Forum on China-Africa Cooperation (FOCAC), yang dijadwalkan digelar akhir tahun ini di Senegal, akan menawarkan peluang baru untuk membantu Afrika memenangkan perang melawan Covid-19. Selain itu forum tersebut berpotensi memperkuat kapasitas tata kelola kesehatan masyarakat mereka.

Wang mengatakan, China akan terus bekerja dengan negara lain dalam upaya tak henti-hentinya untuk sepenuhnya mengalahkan pandemi Covid-19.

Baca Juga : Negara-negara BRICS Serukan Penolakan Standar Ganda Dalam Melindungi HAM

Dia menekankan China berharap semua negara mampu akan melakukan apa yang mereka bisa untuk memberikan vaksin kepada negara-negara membutuhkan, terutama negara berkembang. Dengan demikian, semua orang di seluruh dunia akan memiliki akses ke vaksin yang terjangkau.

#Vaksin Covid-19 #China