Selasa, 09 Maret 2021 09:01

Setelah Kudeta, Tujuh Mantan Kader Demokrat Gugat AHY

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Marzuki Alie dan kawan-kawan meminta majelis hakim PN Jakpus membatalkan Surat Keputusan Dewan Kehormatan Partai Demokrat yang menyatakan pemberhentian mereka.

RAKYATKU.COM - Drama Partai Demokrat seperti sinetron. Orang penasaran menunggu endingnya. Kini tujuh kader yang dipecat, menggugat Ketua Umum, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Enam orang mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (8/3/2021). Gugatan teregister dengan nomor perkara 147/Pdt.G/2021/PN Jkt.Pst.

Mereka yakni Marzuki Alie, Darmizal, Tri Yulianto, Achmad Yahya, Yus Sudarso, dan Syofwatillah Mohzaib. Tergugat tiga orang yaitu AHY, Sekjen Demokrat, Teuku Riefky Harsya dan Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Hinca Pandjaitan.

Baca Juga : Survei Capres IPO: Ganjar Kian Dekati Anies, AHY dan Sandiaga Uno Ungguli Prabowo

Dalam petitum gugatannya, Marzuki Alie dan kawan-kawan meminta majelis hakim PN Jakpus membatalkan Surat Keputusan Dewan Kehormatan Partai Demokrat yang menyatakan pemberhentian mereka.

Selain itu, mereka juga meminta majelis hakim untuk menyatakan AHY, Teuku Riefky dan Hinca Pandjaitan melakukan perbuatan melawan hukum.

 

Sebelumnya, Jhoni Allen Marbun lebih dahulu mengajukan gugatan ke PN Jakarta Pusat. Tergugatnya sama.

Baca Juga : Menkumham Tolak Kepengurusan Moeldoko, Demokrat Sulsel Buka Pintu Tobat

Jhoni Allen Marbun adalah sekjen Partai Demokrat hasil KLB Deli Serdang. Dia yang memimpin sidang yang menetapkan Moeldoko sebagai ketua umum.

Sementara Marzuki Alie yang pernah menjadi sekjen di era SBY ditunjuk menjadi ketua dewan pembina.

Sebelumnya, ketujuh orang tersebut dipecat secara tidak hormat dari Partai Demokrat. Mereka dianggap terlibat dan mendukung upaya kudeta terhadap AHY.

Baca Juga : Tanggapi KLB Demokrat di Hadapan AHY, Ni'matullah: Tradisi Kami Baku Tikam

Sementara itu, Marzuki Alie dipecat karena dinilai dinilai terbukti melanggar etika. Mantan ketua DPR itu dinilai telah menyatakan secara terbuka tentang kebencian dan permusuhan kepada Partai Demokrat di media massa agar diketahui publik secara luas.

 

#Marzuki Alie #Partai Demokrat #ahy digugat