Jumat, 05 Maret 2021 13:45

Wabup Jeneponto Tanam Pohon di Kampung Borongtammatea

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wabup Jeneponto Tanam Pohon di Kampung Borongtammatea

Penanaman pohon tersebut berlangsung di Kampung Borongtammatea, Kelurahan Bontotangnga, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto.

RAKYATKU.COM, JENEPONTO -- Pemerintah Kabupaten Jeneponto, Paris Yasir hadir memberikan sambutan kegiatan penanaman pohon yang diselenggarakan oleh Forum Tanam Baca Masyarakat (FTBM).

Penanaman pohon tersebut berlangsung di Kampung Borongtammatea, Kelurahan Bontotangnga, Kecamatan Tamalatea, Kabupaten Jeneponto.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Humas Infokom Pemkab Jeneponto, Mansur Rahman, Jumat (5/3/2021).

Baca Juga : Patok Target Rp6,9 Miliar Setoran Pajak, Bupati Jeneponto: Kebutuhan Mendasar Jalankan Pemerintahan

"Diketahui, pohon memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup termasuk manusia, beberapa manfaat pohon bagi kehidupan di antaranya, manfaat estetis (keindahan), manfaat orologis,"terangnya.

Selain itu, ada juga manfaat hidrologis tanaman dapat membantu menyerap air hujan ke tanah, demikian pula ada manfaat Klimatologis, edaphis, ekologis, Protektif, Hygienis dan Edukatif.

 

Mansur menyebutkan, Untuk itu Forum Taman Baca Masyarakat (FTBM) Jeneponto memulai Langkah mitigasi dengan penanaman pohon yang merupakan salah satu upaya mengurangi emisi karbon.

Baca Juga : Belum Setor LHKPN, Direktur PDAM Jeneponto: Tak Ada Pemberitahuan

"Hal ini dilakukan guna menahan laju kenaikan suhu bumi tidak lebih dari 20 Celcius atau sedapatnya menekan hingga 1,50 Celcius,"ucapnya.

Pada kesempatan itu, kata Mansur, wakil bupati Jeneponto, Paris Yasir mengapresiasi pemuda yang telah menginisiasi penanaman pohon tersebut.

"Dia bilang, sekarang bukan lagi saat banyak bicara kita mesti action menunjukkan bahwa kita mampu berbuat untuk daerah kita," katanya

Baca Juga : Dukung Jeneponto Raih Adipura, PT Bayu Energi Serahkan Bantuan Motor Sampah

Kegiatan penghijauan ini sangat penting di lakukan dan harus menjadi aksi bersama demi kelangsungan anak cucu kita dimasa yang akan datang. Apalagi daerah ini masih terbilang gersang

"Daerah kita ini masih terbilang gersang jika dibandingkan daerah lain di sulawesi selatan karena itu perlu upaya terpadu dalam melakukan tindakan penghijaun dengan melibatkan seluruh steakholder didaerah ini,"pungkas Mansur

Hadir dalam acara penanaman pohon Kasi Pidum Kejaksaan Jeneponto, Hary Surachman, Camat Tamalatea, Haeruddin, Lurah Bontotangnga, Seklur, Babinsa dari TNI dan Tokoh Masyarakat serta Komunitas kepemudaan.

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto