Senin, 01 Maret 2021 08:36

Iqbal Parewangi Terpilih Aklamasi Ketua Majelis Istiqamah, Tumpal Panggabean Ketua Presidium ICMI Muda

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
AM Iqbal Parewangi.
AM Iqbal Parewangi.

Muktamar ICMI Muda kali ini mengusung tema, Membangun Suber Daya Manusia dan Sinergisitas untuk Kemandirian Organisasi dalam Mewujudkan Kepemimpinan Ummat.

RAKYATKU.COM -- Muktamar III ICMI Muda memilih AM Iqbal Parewangi dan Tumpal Panggabean. Masing-masing menjadi ketua Majelis Istiqamah dan ketua presidium.

Muktamar III ICMI Muda berlangsung 27-28 Februari 2021. Digelar di Novotel Resort Hotel, Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Acara yang dihadiri banyak tokoh nasional itu berakhir indah. Seindah semilir angin dan deburan ombak dan hamparan pasir laut Mandalika.

Tumpal Panggabean yang terpilih menjadi ketua presideum ICMI Muda periode 2021-2026 berlatar belakang doktor filsafat pemikiran politik Islam.

Dia terpilih setelah tim formatur yang terdiri atas perwakilan regional ( Majelis Pimpinan Wilayah), Majelis Istiqamah, dan Majelis Pimpinan Pusat serta perwakilan Tiknas melakukan musyawarah.

Dr Tumpal Panggabean didampingi Dr Dina sebagai sekretaris jenderal dan berserta enam anggota presidium sebagai perwakilan regional.

Muktamar ICMI Muda kali ini mengusung tema "Membangun Suber Daya Manusia dan Sinergisitas untuk Kemandirian Organisasi dalam Mewujudkan Kepemimpinan Ummat".

Hadir dalam Muktamar ICMI Muda ke-3 secara daring dan luring di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkiflimansyah, Wakil Bupati Lombok Tengah, HM Nursiah, dan tokoh muda nasional Prof Nur Firdaus.

Para tokoh nasional memberikan ucapan selamat dan dukungan penyelenggaraan Muktamar ICMI Muda ke-3. Muktamar ICMI Muda diharapakan dapat melahirkan rekomendasi strategis untuk menjawab problam dan tantangan bangsa. ICMI Muda juga diharapkan menjadi wadah bibit unggul anak bangsa.

Hadir para pendiri dan deklator ICMI Muda AM Iqbal Parewangi dan Saparudin Hamdani, presidium ICMI Muda, MPP, MPW MPD, dan para sahabat ICMI Muda.

Ketua Majelis Istiqamah, AM Iqbal Parewangi dalam paparan strategis mengatakan bahwa pilihan Muktamar ICMI Muda ke-3 di Mandalika adalah pilihan cerdas. Menurutnya, desain wonderful Indonesia yang salah satunya menetapkan NTB sebagai destinasi super prioritas adalah bentuk keadilan yang dahulu pernah ia suarakan saat menjabat DPD RI.

"Saya selama lima tahun di DPD RI di hubungan internasional, saya gelisah saat ada lompatan pariwisata unggulan Indonesia dari Bali lompat ke Raja Ampat. Padahal ada NTB yang sangat luar biasa destinasi wisatanya," kata Iqbal Parewangi.

"NTB adalah part of the future pariwisata Indonesia, bukan Bali kedua," tegas Iqbal Parewangi.

Iqbal Parewangi juga menyinggung soal kepemudaan dan kecendekiaan. "Bangsa Indonesia memiliki ruh yang sangat khas, yaitu muda dan cendekia. Karena muda saja tidak cukup, maka haruslah muda yang cendekia, berspirit muda dengan identitas kuat dan berkomitmen pada ke-Indonesiaan. Dengan dua identitas dasar yaitu diawali dengan kecendekiaan dan ditutup dengan kepemudaan," urainya.

Sementara Ketua Presidium terpilih Dr H Tumpal Panggabean mengatakan, "Kita ingin menyuarakan Indonesia dari Mandalika. Apapun kondisi dan situasinya cendekia muda Indonesia harus tetap berkarya. Kita tidak boleh berhenti. Tidak boleh putus asa. Kita harus terus melakukan terobosan-terobosan baru, inovasi baru, gaya-gaya baru, karena kita anak muda era baru".

"Ini adalah amanah sangat besar dari sahabat-sahabat ICMI Muda. Tentu saya akan berupaya menjalankan amanah ini sebaik-baiknya. Saya akan berupaya dengan sinergitas bersama semuanya," tambah Tumpal Panggabean.

Muktamar ICMI Muda ke-3 Mandalika juga melahirkan tujuh rekomendasi strategis untuk bangsa. Di antaranya ada empat rekomendasi eksternal yaitu:

1. ICMI muda mendorong tampilnya kepemimpinan nasional yang cendekia dan berspirit muda;

2. ICMI muda bersinergi untuk mewujudkan kepemimpinan ummat;

3. ICMI muda berkomitmen untuk berperan aktif pada keselamatan, kesehatan, dan kedaulatan anak bangsa termasuk membangun food security dan pandemi.

4. ICMI Muda menilai pariwisata Lombok adalah part of the future pariwisata Indonesia

Sementara tiga rekomendasi strategis tersebut bersifat internal untuk mewujudkan kemandirian organisasi.

Pada akhir sambutan, Tumpal mengatakan kata kuncinya adalah sinergitas, baik secara internal dgn semua kepengurusan dan eksternal semua stakeholder yang ada di republik ini.

#Muktamar ICMI Muda #AM Iqbal Parewangi