Sabtu, 27 Februari 2021 20:02

Pemerintah Kota Parepare Ubah Wajah Pasar Lakessi Jadi Pasar Modern

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala UPTD Pasar Dinas Perdagangan Parepare, Rahim Sadda.
Kepala UPTD Pasar Dinas Perdagangan Parepare, Rahim Sadda.

Kepala Bidang Metrologi Legal dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kota Parepare, Rustan Asta, mengatakan bahwa pemerintah saat ini ini terus melakukan pembenahan pada pasar-pasar tradisional.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wajah yang tertanam terkait pasar tradisional lekat dengan nuansa jorok ataupun tidak terurus serta bau tidak sedap.

Namun, Pemerintah Kota Parepare terus melakukan pembenahan untuk mengubah pandangan itu. Bermula di Pasar Lakessi untuk selajutnya di beberapa pasar tradisonal lainnya di Parepare.

Setelah Pemkot Parepare merevitalisasi terhadap beberapa pembangunan di Pasar Lakessi, kini pasar tersebut akan melakukan pengelolaan dan penataan menuju pasar semimodern dan modern.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Kepala Bidang Metrologi Legal dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kota Parepare, Rustan Asta, mengatakan bahwa pemerintah saat ini ini terus melakukan pembenahan pada pasar-pasar tradisional. Tentunya tiada lain untuk menciptakan suasana pasar yang bersifat tradisional, tetapi berkonsep modern.

"Ada beberapa hal yang akan kita adopsi di dalam konsep modern tersebut. Misalnya, pasar tradisional kita akan usahakan bagaimana mereka para pedagang mempunyai pola hidup bersih dalam transaksi jual beli," kata Rustan saat Talkshow di TV Peduli, beberapa waktu lalu.

Kepala UPTD Pasar Dinas Perdagangan Parepare, Rahim Sadda, mengatakan untuk sejalan dengan program Dinas Perdagangan yang terus melakukan penataan pasar, pengelola terus memaksimalkan pembenahan dan pembangunan, khususnya di Pasar Lakessi.

Baca Juga : 82 Mahasiswa PKPA di RSUD Andi Makkasau Parepare

"Tentunya kita perlu mengedukasi masyarakat atau para pedagang. Mereka harus men-support kita untuk ubah mindset. Kita ubah cara berdagang dalam hal untuk penyajian bagaimana caranya agar barang dagangan tertata dengan baik. Jadi, nanti mungkin yang identik dengan kumuhnya, baunya, joroknya, sedikit demi sedikit akan hilang, jadi kami akan berusaha seperti itu," terang Rahim.

Untuk saat ini, tambahnya, pihaknya telah melakukan beberapa kegiatan untuk menuju ke pasar semimodern dan modern. Salah satunya dengan mengambil sikap dalam masa pandemi ini yaitu melakukan belanja daring atau online.

"Kita kreatif mengambil sikap dalam masa pandemi ini yaitu melakukan belanja online. Jadi kita sudah punya kurir dan sudah berjalan saat ini. Jadi warga tinggal memesan pada nomor yang telah disediakan pada masing-masing pedagang dan kurir akan mengantar pesanan langsung pesanan," bebernya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare #Dinas Perdagangan Parepare