Sabtu, 27 Februari 2021 15:13

Bantaeng Jadi Daerah Terbaik Sektor Pembangunan di Masa Pandemi Covid-19

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bantaeng Jadi Daerah Terbaik Sektor Pembangunan di Masa Pandemi Covid-19

Daerah berjarak 120 kilometer ini menjadi kabupaten yang mewakili Sulsel untuk masuk dalam nominasi daerah pembangunan terbaik di masa pandemi ini.

RAKYATKU.COM,BANTAENG - Bupati Bantaeng, Dr Ilham Azikin membuka rapat pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah triwulan IV di ruang pola kantor bupati Bantaeng, Jumat (26/2/2021).

Pada kesempatan itu, Ilham Azikin memberikan apresiasi terhadap semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah melaksanakan tugas dengan baik.

Dia juga menyebut, tahun ini, Bantaeng menjadi daerah terbaik di sektor pembangunan berdasarkan penilaian Bappeda Sulawesi Selatan.

Baca Juga : 15 Gapoktan di Tompobulu Mulai Lepas Ketergantungan dengan Pupuk Kimia

Daerah berjarak 120 kilometer ini menjadi kabupaten yang mewakili Sulsel untuk masuk dalam nominasi daerah pembangunan terbaik di masa pandemi ini.

"Mungkin Bappeda Sulsel belum merilis hasil ini. Tetapi kita sudah mendapat salinan keputusan. Ini kabar baik, karena Bantaeng menjadi daerah terbaik di sektor pembangunan meski dalam masa pandemi Covid-19," jelas dia.

 

Dia mengatakan, hal ini adalah capaian yang luar biasa yang dilakukan oleh semua OPD di Bantaeng. Menurutnya, di masa pandemi Covid-19 ini, segala sektor terganggu, termasuk penganggaran di semua kegiatan di daerah.

Baca Juga : Dua Dusun di Bantaeng Akhirnya Teraliri Listrik di Kepemimpinan Ilham Azikin

"Kita apresiasi kerja-kerja ini. Kita ketahui bersama, di 2020 ini kita anggap sebagai masa turbulensi. Kita ketahui bersama, hampir setiap detik dilakukan rasionalisasi anggaran. Kita melalui semua ini dengan baik, ini menandakan kita semua tetap produktif di masa pandemi Covid-19 ini," jelas dia.

Dalam kesempatan itu, dia juga membeberkan tiga OPD dengan serapan anggaran yang terbaik. Ketiganya adalah, Dinas Ketahanan Pangan, Kantor Kesbangpol, dan Inspektorat Bantaeng.

"Selebihnya, pada umumnya memperlihatkan serapan yang maksimal. Adapun kekurangan serapan itu terjadi karena kendala teknis administratif," jelas dia.

Baca Juga : Empat Tahun Jauhi Keramaian, Warga Bantaeng Menghilang

Dia juga berharap, ke depan, program-program strategis pemerintah juga terus mendapat perhatian serius dari semua OPD yang ada. Dia mengakui, sejauh ini banyak program strategis yang mendapat pemangkasan akibat pandemi Covid-19 ini. Oleh karena itu, dia berharap bengkalai-bengkalai ini bisa diatasi di tahun berikutnya.

"Kita berharap program strategis ini menjadi perhatian bagi kita semua agar bisa diterapkan dan dirasakan manfaatnya untuk masyarakat kita," jelas dia.

Kepala Bappeda Bantaeng, Dimiati Nongpa mengatakan, capaian yang telah dilakukan oleh para OPD ini menandakan jika Pemkab Bantaeng telah melakukan sinergitas antara OPD dengan baik.

Baca Juga : Kunjungi UKM, Ilham Azikin: Pengusaha Bantaeng Tetap Produktif di Masa Pandemi Covid-19

Dia mengaku, hal ini tidak terlepas dari peran kepala daerah untuk menyusun strategi penganggaran.

"Ini tidak terlepas dari kebijakan kepala daerah," jelas dia.

Penulis : Irmawati Azis
#bantaeng