Selasa, 23 Februari 2021 19:23

Mengerikan, Dubes Italia untuk Kongo Tewas Diserang Kelompok Bersenjata

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Reuters.
Foto: Reuters.

Luca Attanasio diketahui mengalami pemukulan di bagian perutnya dan meninggal beberapa jam kemudian di rumah sakit PBB di Goma, Kongo.

RAKYATKU.COM - Duta Besar (Dubes) Italia untuk Republik Demokratik Kongo, Luca Attanasio (43), tewas bersama pengawalnya dan seorang sopir dari World Food Programme (WFP) dalam serangan kelompok mengerikan bersenjata, Senin (22/2/2021) waktu setempat.

Pemerintah Italia dan PBB menyampaikan, Attanasio tewas saat melakukan konvoi yang kemudian diserang di wilayah timur Kongo.

Para penyerang menghentikan iring-iringan Attanasio dengan cara memberikan tembakan peringatan, yang menewaskan sopir Attanasio. Sopir itu adalah warga negara Kongo bernama Mustapha Milambo.

Baca Juga : 

Para penyerang kemudian menggiring Attanasio dan penumpang lain dalam iring-iringan itu, masuk ke dalam hutan.

Penjaga taman hutan yang bertugas sempat melepaskan tembakan ke arah para penyerang itu.

Attanasio diketahui mengalami pemukulan di bagian perutnya dan meninggal beberapa jam kemudian di rumah sakit PBB di Goma, Kongo. Kematian Attanasio dikonfirmasi Kementerian Dalam Negeri Kongo.

 

Pengawal atau ajudan Attanasio, Vittorio Iacovacci (30), juga tewas dalam serangan ini.

Menteri Dalam Negeri Kongo, Luigi Di Maio, mengatakan kejadian ini sungguh mengejutkan dan meninggalkan duka mendalam.

Menteri Luar Negeri Kongo, Marie Ntumba Nzeza, berjanji kepada Italia bahwa pihaknya akan melakukan apa pun untuk menangkap dalang di balik pembunuhan mengerikan ini.

Sumber: Reuters

#Kongo #Italia #Serangan Bersenjata