Selasa, 23 Februari 2021 18:32

Survei LSI, 40,9 Persen Warga Tidak Puas Kinerja Wapres Ma'ruf Amin

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ma'ruf Amin.
Ma'ruf Amin.

"Agak jomplang tingkat kepuasannya antara presiden dan wakil presiden. Mungkin ini bisa menjadi kajian bagi pihak terkait," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan.

RAKYATKU.COM - Riset Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan, mayoritas warga atau 69,8 persen merasa puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Akan tetapi, sebanyak 40,9 persen warga menilai tidak puas dengan kinerja Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Hasil ini berdasar survei LSI yang melibatkan 1.200 responden pada 25-31 Januari 2021 dengan toleransi kesalahan ± 2.9 persen.

"Agak jomplang tingkat kepuasannya antara presiden dan wakil presiden. Mungkin ini bisa menjadi kajian bagi pihak terkait," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dikutip dari VOA Indonesia, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga : Wapres Ma'ruf Amin: Pemerintah Siapkan Langkah Kendalikan Harga Beras

Djayadi menambahkan, warga juga merasa puas dengan kinerja menteri-menteri yang membantu Presiden. Warga merasa paling puas dengan kinerja Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Sementara kepuasan warga paling rendah pada kerja menteri perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Survei ini juga menunjukkan elektabilitas Prabowo Subianto dalam simulasi nama calon presiden lebih unggul yakni 26 persen dibandingkan nama lainnya.

Adapun di bawah Prabowo terdapat Ganjar Pranowo 15,4 persen dan Anies Baswedan 13,3 persen. Sementara dari sisi partai, PDIP menempati urutan pertama paling banyak disebut responden sebanyak 20,1 persen, disusul gerindra 11 persen, dan Golkar 8,3 persen.

Baca Juga : Wapres Ma’ruf Amin Ungkap Dua Strategis Pemerintah Tekan Kemiskinan Ekstrem

"Kalau kita asumsikan pemilu 2024, dengan asumsi tidak ada revisi UU Pemilu, maka kemungkinan ada dua atau tiga calon pada 2024. Itu berarti untuk menjadi dominan dia harus memiliki 40 persen elektabilitas. Tapi belum ada seperti itu untuk saat ini," bebernya.

#LSI #Ma'ruf Amin