Selasa, 23 Februari 2021 19:04

Kasus Kematian Covid-19 di AS Tembus 500 Ribu

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden AS Joe Biden dan ibu negara menghadiri upacara penyalaan lilin di Gedung Putih, Senin (22/02) malam waktu setempat. (Jonathan Ernst/REUTERS)
Presiden AS Joe Biden dan ibu negara menghadiri upacara penyalaan lilin di Gedung Putih, Senin (22/02) malam waktu setempat. (Jonathan Ernst/REUTERS)

AS sejauh ini jadi negara dengan jumlah kematian akibat Covid-19 tertinggi di dunia.

RAKYATKU.COM - AS mencatat kasus kematian akibat Covid-19 telah melebihi 500 ribu kasus, namun jumlah kasus harian secara keseluruhan dan kematian menurun dalam beberapa waktu terakhir. Presiden Biden mendesak warganya "tetap waspada."

Hingga berita ini diturunkan, jumlah kematian akibat virus corona di Amerika Serikat (AS) sedikitnya telah mencapai 500.236 kasus, menurut data dari Universitas Johns Hopkins.

AS sejauh ini jadi negara dengan jumlah kematian akibat Covid-19 tertinggi di dunia. Sebanyak 20 persen kasus kematian dari hampir 2,5 juta kematian global berasal dari negara ini.

Baca Juga : Wali Kota Makassar Ingatkan Varian Baru Covid-19

Jumlah kematian di AS ini melebihi jumlah kematian orang Amerika dalam Perang Dunia I, Perang Dunia II, dan Perang Vietnam jika digabungkan.

Joe Biden minta warga waspada
Dikutip dari dw.com, Presiden AS Joe Biden pada hari Senin (22/02) mengatakan situasi akibat jumlah kematian ini "sangat suram dan memilukan'', seraya meminta semua pihak untuk ''tidak melihat jumlah kematian hanya sebagai statistik''.

"Sebagai sebuah bangsa, kita tidak dapat menerima takdir yang begitu kejam. Meskipun kita telah memerangi pandemi ini begitu lama, kita tidak boleh mati rasa terhadap kesedihan," kata Biden dalam pidatonya di Gedung Putih.

Baca Juga : Waspada! COVID-19 Varian XBB Terdeteksi di Indonesia

"Saya meminta semua orang Amerika untuk mengingat, mengingat mereka yang pergi dan yang mereka ditinggalkan," kata Biden.

"Saya juga meminta agar kita bertindak, tetap waspada, menjaga jarak sosial, memakai masker, mendapatkan vaksinasi."

Pada hari Senin (22/02), lonceng gereja di Katedral Nasional di Washington berbunyi 500 kali untuk melambangkan 500.000 orang yang kehilangan nyawanya karena COVID-19.

Baca Juga : Berlaku 17 Juli 2022, Kemenhub Terbitkan Surat Edaran Perjalanan Dalam dan Luar Negeri

Di tangga Gedung Putih, 500 lilin dinyalakan untuk mengenang mereka yang meninggal saat grup musik militer membawakan lagu "Amazing Grace."

Presiden Biden telah memerintahkan semua bendera di properti federal dan fasilitas militer dikibarkan setengah tiang hingga Jumat (26/02) malam.

Pakar penyakit menular AS Anthony Fauci mengatakan pada hari Senin (22/02) bahwa perpecahan politik di AS berkontribusi pada jumlah kematian yang "mencengangkan". Saat arahan mengenakan masker menjadi isu politik, daripada sebagai langkah menjaga kesehatan masyarakat.

Baca Juga : Cegah Penyebaran Covid-19 Jelang Pembelajaran Tatap Muka Pemkot Makassar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

"Bahkan dalam keadaan terbaik sekalipun, perpecahan politik akan menjadi masalah yang sangat serius," kata Fauci kepada kantor berita Reuters.

"Namun, hal itu tidak menjelaskan mengapa negara yang kaya dan canggih ini bisa memiliki persentase kematian paling banyak dan menjadi negara yang paling terdampak di dunia," tambahnya.

Secara keseluruhan kasus baru dan kematian menurun
Terlepas dari jumlah kematian yang begitu besar, jumlah kasus baru dan kematian di AS telah menurun selama beberapa minggu terakhir.

Baca Juga : Dinkes Wajo Bersama TNI dan Polri Gelar Vaksinasi Massal Bagi Masyarakat

Pada 21 Januari, rata-rata kematian tujuh hari akibat COVID-19 di AS tercatat sekitar 4.000 kasus. Pada 21 Februari, rata-rata itu menjadi 1.890 kasus, menurut proyek pelacakan COVID-19.

Program vaksinasi nasional AS yang dimulai pada bulan Desember tahun lalu, telah menginokulasi total 64,2 juta orang, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

Tetapi terlepas dari penurunan jumlah kematian dan kasus baru, dan vaksinasi massal, pemodelan dari Universitas Washington memprediksi penambahan 90.000 kasus kematian terkait COVID-19 pada bulan Juni mendatang.

Baca Juga : Dinkes Wajo Bersama TNI dan Polri Gelar Vaksinasi Massal Bagi Masyarakat

(AP, AFP, dpa, Reuters)

#Covid-19