Selasa, 23 Februari 2021 13:39

Ikut Sosialisasi TP2DD Bersama BI, Barru Ternyata Sudah Lama Terapkan QRIS

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ikut Sosialisasi TP2DD Bersama BI, Barru Ternyata Sudah Lama Terapkan QRIS

Barru adalah satu dari lima kabupaten/kota di Sulsel yang telah menerapkan QRIS sejak Desember 2020.

RAKYATKU.COM,BARRU - Era transaksi elektronik semakin maju, karenanya dibentuk komitmen TP2DD di daerah se-Sulsel.

TP2DD adalah forum koordinasi antar instansi dan stakeholder untuk mendorong inovasi, percepatan, dan perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektivitas, dan transparansi tata kelola keuangan.

Pelaksana harian Bupati Barru, Abustan mengikuti kemudian mengikuti sosialisasi TP2DD ini di Hotel Four Points by Sheraton, Makassar, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga : 

Rapat yang diinisiasi Bank Indonesia guna menyajikan data dan informasi mengenai metode koordinasi, identifikasi isu, termasuk assesmen dan pembuatan rekomendasi atas transaksi elektronik pemda.

 

"Barru adalah lima kabupaten/kota di Sulsel yang telah menerapkan ini, sejak Desember 2020 lalu. Rakor ini adalah bentuk pengembangan ke deklarasi komitmen pemda se Sulsel dalam menggagas transformasi digital," sebut Abustan yang juga sekretaris daerah Barru.

 

Dia menyebut bahwa transformasi ke pembayaran transaksi non tunai di Barru telah lama di-perbup-kan. Namun, pengembangan menggunakan metode Quick Respon Code Indonesia Standar (QRIS) menjadi hal baru yang perlu dipahami dan disosialisasikan ke publik.

"Ke depan, pengembangan transaksi elektronik menggunakan barcode sesuai standar QRIS dapat digunakan di mana pun oleh masyarakat," tutur Abustan yang baru saja tiba pagi tadi dari rapat terkait rel kereta api di Kantor Staf Kepresidenan di Jakarta.

Dia dengan antusias menjelaskan manfaat barcode QRIS sebagai media transaksi yang lebih presisi dalam pembayaran, aman, dan cocok di masa new normal pasca pandemi Covid-19.

 

Penulis : Achmad Afandy
#QRIS #barru