Selasa, 23 Februari 2021 13:31

Ikut Rapat Bahas Rel Kereta Api di Kantor Staf Presiden, Sekda Barru Sampaikan Keluhan Warga

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ikut Rapat Bahas Rel Kereta Api di Kantor Staf Presiden, Sekda Barru Sampaikan Keluhan Warga

Ada beberapa titik underpass di jalur perlintasan kereta api yang bisa memicu banjir saat musim hujan.

RAKYATKU.COM,BARRU - Sekda Barru, Abustan AB diundang mengikuti rapat koordinasi (rakor) lanjutan pembangunan proyek strategis nasional di Kantor Staf Kepresidenan, Senin (22/2/2021).

Dia diundang bersama Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani dan dua sekda kabupaten lainnya yang dilintasi oleh rel kereta api.

Meskipun pembebasan lahan dan pembangunan rel kereta api di Barru dapat dikatakan hampir rampung 100 persen, momentum ini dipergunakan Sekda Abustan untuk meminta perhatian atas penanganan dampak yang menjadi keluhan masyarakat Barru.

Baca Juga : 

"Warga kami menyampaikan bahwa ada dua tiga titik underpass di jalur perlintasan (kereta api) yang memerlukan pembenahan saluran air agar tidak menggenang atau berdampak pada banjir saat musim hujan," kata Abustan yang saat ini juga menjabat pelaksana harian bupati Barru.

Pihak Balai Perkeretaapian Jawa Timur (Jatim) menanggapi pengajuan penanganan genangan yang dipermasalahkan segera direspons. Tim yang menangani akan segera mengidentifikasi dan melihat underpass yang menimbulkan genangan dan akan diselesaikan secepat mungkin.

Selain itu, beberapa penyelesaian terhadap tanah yang telah dibebaskan namun masih dibebani PBB berdasarkan sertifikatnya, telah dilakukan koordinasi bersama BPN dan dapat diselesaikan secara bertahap.

 

Mengenai pengembangan, semisal peletakan stasiun kereta api yang lebih banyak bersinggungan dengan jalan desa --jauh dari jalan nasional dan kabupaten--, masih memerlukan pendekatan untuk mematangkan perencanaan dengan progres terukur disertai timeline.

 

Penulis : Achmad Afandy
#barru #rek kereta api