Senin, 22 Februari 2021 23:31

Kerjasama Disdikbud dan Diskominfo Jeneponto, Siswa Kini Bisa Belajar Lewat Radio

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kerjasama Disdikbud dan Diskominfo Jeneponto, Siswa Kini Bisa Belajar Lewat Radio

Ditengah Covid-19, Pemerintah Kabupaten Jeneponto melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto membuat sebuah inovasi pembelajaran "lewat udara".

RAKYATKU.COM, JENEPONTO -- Ditengah Covid-19, Pemerintah Kabupaten Jeneponto melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto membuat sebuah inovasi pembelajaran "lewat udara".

Sebelumnya terdapat belajar daring dan luring. Namun kali ini berbeda, dilakukan lewat udara melalui siaran radio Turatea 97,3 FM melalui Dinas Kominfo dan Statistik Jeneponto.

Sehingga, ditandai dengan penandatanganan MoU terkait pembelajaran jarak jauh melalui siaran Radio oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Nur Alam Basir dengan Dinas Komunikasi Informatika dan statistik Jeneponto, Manrancai Sally.

Baca Juga : 

Penandatanganan MoU tersebut dilaksanakan dalam acara rapat koordinasi yang rutin dilakukan setiap hari senin, di lingkup Pemerintahan Kabupaten Jeneponto, di ruang Pola Panrannuanta Kantor Bupati Jeneponto.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jeneponto, Nur Alam Basir mengatakan, telah melakukan segala cara untuk melancarkan pembelajaran jarak jauh ditengah Pandemi Covid-19. Salah satu dilakukannya MoU antara Diknas dan Diskominfo.

 

"Sudah ada nota kesepahaman dan sudah ditanda tangani dengan Dinas Kominfo untuk melaksanakan pembelajaran lewat udara melalui radio Turatea 97,3 FM," terangnya, Senin (22/2/2021).

 

Mantan Kepala Bappeda itu menambahkan, upaya pembelajaran lewat udara, menurutnya akan lebih efektif untuk proses pembelajaran jarak jauh dimasa pendemi covid-19.

"Ini dilakukan oleh guru melalui LPPL Radio Turatea 97,3 FM di Dinas Kominfo, jadi siswa cukup mendengarkan apa yang disampaikan gurunya lewat radio Turatea," ujarnya

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Jeneponto, Manrancai Sally mengatakan kesiapan untuk memfasilitasi belajar lewat udara, salah satu langkah lebih maju untuk melancarkan pembelajaran jarak jauh.

"Ini harus didukung, untuk itu, Dinas Kominfo siap mewujudkan pembelajaran lewat udara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto,"sebutnya

Hanya saja, dia masih menunggu teknis pembelajaran lewat udara dari Dinas Pendidikan. Termasuk proses belajarnya. Dan Dinas Pendidikan harus melakukan sosialisasi mengenai belajar lewat udara tersebut.

Dia menambahkan, Radio Turatea 97, 3 FM telah menjangkau hampir 100 persen pelosok di seluruh Kecamatan.

Penulis : Samsul Lallo
#Pemkab Jeneponto