Minggu, 21 Februari 2021 22:11

Bansos BPNT di Jeneponto Terapkan Menu Pilihan bagi KPM

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bansos BPNT di Jeneponto Terapkan Menu Pilihan bagi KPM

Keluarga Penerima Manfaat diberi kesempatan memilih bahan pokok yang dibutuhkan.

RAKYATKU.COM,JENEPONTO - Bantuan Pangan Sosial Pangan (BSP) program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Jeneponto kini menerapkan sistem menu pilihan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Sistem menu pilihan yang diterapkan menggunakan kartu kontrol yang diberikan kepada KPM untuk mengorder bahan pangan yang dinginkan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jeneponto, Nirmala Suaib mengatakan, menu pilihan bagi penerima manfaat yang diterapkan saat ini di Kabupaten Jeneponto sudah sesuai dengan pedoman umum (Pedum) Bansos BPNT.

Baca Juga : Pemkab Jeneponto dan PLN Punagaya Jajaki Kerjasama Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung

"Iyye, sesuai dengan pedum. Menu pilihannya ada juga ditempel di masing-masing e-warung," ungkap Nirmala Suaib, Sabtu (20/2/2021).

Hal senada diungkap Koordinator Daerah (Korda) Bansos Pangan Kementerian Sosial Kabupaten Jeneponto, Adi menjelaskan, menu pilihan diberlakukan di sebelas kecamatan di Kabupaten Jeneponto.

Baca Juga : Sabung Ayam di Jeneponto Berujung Tragis, 1 Tewas dan Dua Orang Kritis di Rumah Sakit

"Ini sudah sesuai dengan pedum. Sebelas kecamatan sudah menerapkan menu pilihan. Menu pilihannya itu telur, ikan, beras, sayur mayur, dan ayam," demikian Adi merinci.

Salah seorang KPM, Sari mengungkapkan, selama ini ia diberi kartu kontrol untuk memilih menu yang diinginkan baik jenisnya maupun jumlahnya.

"Bagusnya memang kalau kita dikasih pilih. Misalkan kita butuh beras jumlahnya berapa. Kita juga dikasih pilihan mau ayam atau ikan. Sayurnya juga dipilih. Ada wortel, kol, dan lain-lain. Telur juga ada. Tinggal dipilih apa yang dibutuhkan," ujar Sari.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Lakukan Pendampingan Penilaian KKP HAM dan Pelaporan Aksi HAM di Tiga Kabupaten

Saat ini, penyaluran bantuan sosial pangan atau Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Jeneponto sementara berlangsung untuk periode Februari tahun 2021.

Penyaluran bantuan sosial pangan di tengah pandemi juga tetap disiplin protokol kesehatan yang ketat dengan memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan pakai hand sanitizer.

 

#BPNT #jeneponto