Jumat, 19 Februari 2021 23:02

Bahas Mitigasi Kebencanaan Pemkab Sinjai, Wabup Andi Kartini Temui Wagub Sulsel

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bahas Mitigasi Kebencanaan Pemkab Sinjai, Wabup Andi Kartini Temui Wagub Sulsel

Wakil Bupati Sinjai meminta arahan dari wagub Sulsel terkait upaya yang akan dilakukan untuk mencegah atau mengurangi dampak bencana.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong melaporkan kondisi Kabupaten Sinjai kepada Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Pertemuan itu berlangsung di rumah dinas Wakil Gubernur Sulawesi Selatan di Jl Yusuf Daeng Ngawing, Jumat (19/2/2021). Wabup Kartini didampingi Kepala BPBD Sinjai, Budiaman.

Wakil Bupati Sinjai, Andi Kartini Ottong mengatakan, Sinjai wilayah yang rawan terjadi bencana. Ia pun meminta arahan dari wagub Sulsel terkait upaya yang akan dilakukan untuk mencegah atau mengurangi dampak bencana.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Dukung Kabupaten Sinjai Bentuk MPP

Andi Kartini pun membahas terkait mitigasi penanggulangan kebencanaan hasil rekomendasi satgas daerah.

Kepala BPBD Sinjai, Budiaman mengatakan, bahwa Pemkab Sinjai telah melakukan upaya mengatasi risiko bencana atau biasa disebut mitigasi. Apalagi, Sinjai pernah terkena banjir bandang pada 2006 lalu.

"Kendala kita di antaranya sungai, drainase. Perlu pengerukan. Apalagi saat ini musim penghujan, jadi kita melakukan mitigasi," katanya.

Baca Juga : Belasan Rumah di Sinjai Rusak Akibat Angin Kencang, Plt Gubernur Sulsel Kirim Bantuan

Pihaknya pun, kata dia, berencana membangun tempat menampung volume air ketika debit maksimum di sungai datang, kemudian secara perlahan-lahan mengalirkannya ketika debit di sungai sudah kembali normal atau kolam retensi.

Namun Pemkab Sinjai, masih melakukan upaya pembebasan lahan.

Sementara itu, Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengatakan, jika opsi lain yang bisa dilakukan dengan membangun kolam regulasi.

Baca Juga : Ingin PAD Meningkat, Anggota DPRD Jeneponto Belajar Pengelolaan TPI Lappa di Sinjai

"Kita butuh pembebasan lahan dulu oleh Pemda kabupaten Sinjai. Setelah bebas baru didorong pembangunan, jika besarnya pada wilayah kewenangan provinsi kita ajukan tetapi jika melebihi kewenangan kita usulkan ke Balai Besar WS-JP Kementerian" bebernya.

Dirinya pun berpesan, agar melakukan kinerja yang terbaik untuk diberikan ke masyarakat.

"Bekerja saja, jalan saja. Maksimalkan apa yang bisa dilakukan untuk masyarakat. Perbaiki kerja kerja kita yang terasa langsung masyarakat serta bersinergi," katanya.

Penulis : Irmawati Azis
#sinjai