Jumat, 19 Februari 2021 14:03

Satgas COVID-19: Masyarakat Disarankan Pakai Masker Ganda

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Wiku meminta masyarakat tidak menggunakan masker yang memiliki katup udara. Itu karena keberadaan katup pada masker menjadi celah masuknya virus.

RAKYATKU.COM - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, menyarankan agar masyarakat menggunakan masker medis berlapis masker kain.

Mengacu pada hasil penelitian Centers for Disease Control di Amerika, penggunaan kedua masker itu lebih efektif dalam mencegah virus.

"Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di laboratorium menemukan bahwa kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang jauh lebih baik bagi pemakaiannya dan orang lain dibandingkan dengan hanya memakai masker kain saja atau masker medis saja," kata Wiku dikutip dari Kompas, Jumat (19/2/2021).

Baca Juga : Hitungan Detik Turun dari Mobil Isi BBM, Wakil PM Australia Didenda Rp2 Juta karena Tak Pakai Masker

Selain masker kain dan masker medis, masyarakat dapat menggunakan masker KN95. Untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan, disarankan memilih masker yang memiliki kawat pada bagian hidung.

Selain itu, masyarakat dapat menggunakan penyangga agar masker bisa dipakai sempurna dan sesuai dengan bentuk wajah. Wiku menyarankan untuk memilih penyangga masker yang elastis supaya nyaman digunakan tetapi tetap tertutup.

 

"Mengikat karet telinga dan melipat sisa masker dapat dilakukan jika ukurannya masker lebih besar dari wajah kita sehingga masker rapat dan menutupi hidung dan mulut dengan sempurna," tutur Wiku.

Baca Juga : Tujuh Negara Ini Tak Lagi Wajibkan Masker, Terbaru Korea Selatan

Wiku meminta masyarakat tidak menggunakan masker yang memiliki katup udara. Itu karena keberadaan katup pada masker menjadi celah masuknya virus.

Sponsored by MGID

Selain itu, masyarakat diingatkan untuk tidak menggunakan dua masker medis secara bersamaan. Sebab, menggabungkan dua masker medis tak dapat meningkatkan filtrasi virus.

Wiku pun mengingatkan masyarakat tidak melapisi masker KN95 dengan masker lainnya. Masker jenis ini cukup digunakan secara tunggal.

Baca Juga : Penduduk Amerika Serikat, Israel, Selandia Baru, hingga Tiongkok Mulai Lepas Masker

"Memakai masker dengan benar lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali," kata dia.

Menurut Wiku, selain dengan cara yang benar, masker harus digunakan secara konsisten.

Sponsored by advertnative
 
#Masker Covid-19 #Satgas Covid-19