Selasa, 16 Februari 2021 15:13

Tingkatkan Kerja Sama, Kalla Logistics-Ritase Gaet Unilever

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: Kalla Logistics.
Foto: Kalla Logistics.

Ke depan, seluruh orderan pengiriman barang dari Unilever akan diprioritaskan ke Kalla Logistics.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kalla Logistics dan Ritase terus mengembangkan kerja sama dalam melayani distribusi logistik di area Sulawesi. Keduanya kini menggaet salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) terkemuka di Indonesia, Unilever.

City Launcher Ritase Sulawesi Area, Indah Nugrohowati, mengatakan Ritase selama ini sudah bekerja sama dengan Unilever di wilayah Pulau Jawa. Kerja sama itupun berlanjut di Sulawesi dengan melibatkan Kalla Logistics yang dimulai Februari 2021.

"Kami mengetahui bahwa Kalla Logistics sudah men-support Unilever melalui Kamadjaja Logistics selama ini. Namun, karena Ritase ini merupakan salah satu partner yanng ditunjuk Unilever di Sulawesi, kami juga ingin menggandeng Kalla Logistics," jelas Indah saat berkunjung ke Kantor Kalla Logistics, Daya, Kota Makassar.

Baca Juga : Andien Meriahkan Puncak Acara HUT 71 Tahun KALLA dalam Acara Family Gathering di Nipah Park

Ke depan, seluruh orderan pengiriman barang dari Unilever akan diprioritaskan ke Kalla Logistics. "Kalla Logistics merupakan strategic business partner kami. Apabila orderan tidak diterima karena beberapa alasan, barulah kami mengalihkannya ke vendor yang lain," kata Indah.

Selain Ritase yang memberikan order kepada Kalla Logistics, shipper (pengirim barang) juga bisa memilih langsung layanan Kalla Logistics di laman ritase.com. "Anda cukup mendaftar di web. Setelah itu bisa tujukan orderannya ke Kalla Logistics secara langsung," jelas Indah.

Semantara itu, General Logistics Manager Kalla Logistics, Andi Muhammad Firdaus, mengatakan penjajakan kerja sama bersama Unilever sebenarnya sudah dimulai sejak 2018 melalui Kamadjaja Logistics. Kemudian, baru terealisasi 2019.

Baca Juga : Sukses Gelar Kalla Talks, Ini Pengakuan Peserta

"Pada saat itu, memang kita belum bisa direct ke Unilever, tetapi melalui partnership. Tahun ini, ada Ritase, kita jadinya bisa semakin memaksimalkan utilisasi unit," ungkapnya.

Ia pun berharap, peluang kerja sama untuk produk lainnya ke depan semakin terbuka. "Tahun ini, kami juga berencana bekerja sama dalam hal distribusi di sektor material infrastruktur," beber Firdaus.

Salah satu bentuk kerja sama Kalla Logistics dan Ritase adalah penggunaan Software As A Service (SAS) yang dapat mengontrol aktivitas distribusi secara real time. Jika GPS hanya dapat mengontrol posisi armada, SAS dapat mengontrol seluruh tahapan order. Mulai dari orderan diterima sopir, proses loading-unloading, hingga Proof of Delivery (POD) secara digital.

#Kalla Logistics #Ritase #Kalla Group