Minggu, 14 Februari 2021 19:02

Baru Satu Jam Hamil Langsung Melahirkan, Ibu Muda Ini Diduga Mengalami Cryptic Pregnancy

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Irvan Nur
Irvan Nur

SZ akhirnya melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan dengan bobot 2,9 kilogram lewat persalinan normal.

RAKYATKU.COM - Baru hamil sehari langsung melahirkan, bisakah? Setidaknya begitu yang dialami SZ. Seorang ibu muda di Cianjur, Jawa Barat.

Wanita berusia 25 tahun itu selama ini tidak merasa hamil. Perempuan ini baru bercerai sekitar empat bulan dan baru melalui masa iddah.

"Sempat bingung keluarga juga, melihat kondisi saya yang tiba-tiba merasa sakit di perut. Apalagi sebelum perut saya buncit, seperti ada yang masuk ke rahim saya. Beberapa kali perut membuncit, tapi tidak lama kempis lagi. Kemudian sekitar 20 menit merasakan mules," ujarnya.

 

Warga Kampung Gabungan, Desa Sukapura, Kecamatan Cidaun, Cianjur itu lalu memeriksakan diri ke puskesmas. Ternyata dia sedang hamil dan akan segera melahirkan. Berselang satu jam, SZ akhirnya melahirkan bayi berjenis kelamin perempuan dengan bobot 2,9 kilogram lewat persalinan normal.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Cianjur, Irvan Nur Fauzi mengatakan, itu bukan hal baru. Walaupun termasuk peristiwa langka.

"Dalam dunia medis itu yang biasa disebut dengan cryptic pregnancy atau kehamilan samar," kata Irvan seperti dikutip dari Kompas.com, Minggu (14/2/2021).

Menurut dia, seseorang yang mengalami cryptic pregnancy cenderung tidak menyadari bahwa dirinya sedang mengandung. Proses atau gejala kehamilan yang dirasakannya sangat halus.

Menurut Irvan, hal ini bisa terjadi karena faktor fisik atau psikis, atau bisa disebabkan keduanya secara bersamaan. Selain itu, hal ini bisa juga bisa terjadi karena faktor hormonal, di mana mungkin saja siklus menstruasi yang tidak stabil, sehingga saat keluar darah dikira haid, padahal bukan.

"Jadi, ini lebih kepada mental health dan soal sikap aware yang bersangkutan terhadap kondisi tubuhnya," ucap Irvan.

 

#kehamilan tercepat #satu jam hamil