Jumat, 12 Februari 2021 15:35

Gubernur Sulsel Beri Bantuan Huntap untuk Korban Gempa Sulbar, Kapolri Apresiasi

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, saat berada di Kabupaten Mamuju, Sulbar, Jumat (12/2/2021).
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, saat berada di Kabupaten Mamuju, Sulbar, Jumat (12/2/2021).

Huntap ini merupakan pembangunan rumah instan yang dikerjakan langsung oleh kontraktor spesialis rumah antigempa. Pekerjaannya hanya diselesaikan dalam waktu 90 hari untuk 50 unit.

RAKYATKU.COM - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, memberikan bantuan 100 unit rumah hunian tetap (huntap) kepada korban gempa yang ada di Sulawesi Barat (Sulbar). 

Jumlah tersebut terbagi dua, yakni 50 unit diberikan kepada anggota kepolisian Polda Sulbar. Sedangkan 50 unitnya lagi untuk masyarakat umum yang kena dampak gempa bumi belum lama ini. 

"Tentu kami hadir di sini memberikan support kepada seluruh masyarakat Sulbar sehingga kami menyiapkan 100 rumah 50 Kapolda walaupun 50 sebenarnya belum cukup, kami sudah merekam itu dan 50 lagi di Provinsi Sulbar," jelas Nurdin di Kabupaten Mamuju, Sulbar, Jumat (12/2/2021).

Baca Juga : Penjabat Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Nurul Ilmi Himal SMPPSMADAGA Bone

Huntap tersebut merupakan pembangunan rumah instan yang dikerjakan langsung oleh kontraktor spesialis rumah antigempa. Pekerjaannya hanya diselesaikan dalam waktu 90 hari untuk 50 unit.  

"Bangunan ini sudah bangunan tahan gempa dan memang atas rekomendasi PUPR. Bangunan ini insyaallah akan selesai dalam paling lama 90 hari, tapi tadi beliau mengatakan insyaallah 60 hari akan kita selesaikan. Jadi mudah-mudahan ini berjalan lancar semua," jelasnya. 

Menurut Nurdin, pekerjaan persatuan unit rumah ini dikerjakan dalam waktu 12 hari sudah selesai. Hal tersebut didukung dengan adanya komponen dari rumah tersebut barang sudah jadi. 

Baca Juga : Dewan Adat Saoraja Bone Anugerahi Penjabat Gubernur Bahtiar Gelar Adat Daeng Mappuji

"Jadi rumah ini di bangun 12 hari selesai. Kenapa 12 hari selesai? Karena memang ini perusahaan ini dia sudah produksi semua mulai dari pintu, atap, dan semuanya. Jadi tidak ada produk-produk dari luar, jadi memang sudah menjadi sebuah rumah," bebernya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Komjen Listyo Sigit Prabowo, mengapresiasi langkah cepat Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, memberikan tanggap cepat terhadap masyarakat Sulbar.

"Tentunya apresiasi kepada Bapak Gubernur yang pada hari ini, beliau memberikan bantuan terhadap anggota (Kepolisian) yang ada di wilayah Polda Sulbar, khusunya yang ada di Polda. Dengan pemberian bantuan bangunan hunian tetap sebanyak 50 unit, dan kata beliau tadi nanti akan ditambah lagi," jelasnya.

Baca Juga : Sambut Kajati Baru Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Perkenalan Lewat Temu Silaturahmi

Menurut Sigit, bantuan 50 unit huntap ini merupakan sebuah nilai persaudaraan dan kemanusiaan dari Pemprov Sulsel untuk masyarakat Sulbar, khususnya anggota kepolisian di Polda Sulbar. 

"Bagi kami itu tentunya merupakan bentuk dari suatu nilai persaudaraan, nilai persahabatan. Walaupun bukan di wilayahnya, namun beliau tetap mau datang. Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dari keluarga besar Polri," tuturnya. 

Turut hadir mendampingi Gubernur Sulsel, Kepala Bappeda, Kepala Biro Umum, Plt Kepala Biro Administrasi Pimpinan, Kepala BPBD Sulsel, Kepala Dinas Sosial, sespri Gubernur Sulsel, juru bicara Gubernur Sulsel, dan staf khusus Gubernur Sulsel, serta seluruh rombongan lainnya.

#Pemprov Sulsel #Nurdin Abdullah #Bantuan Gempa Sulbar