Rabu, 10 Februari 2021 18:31

Hadiri Rapat Paripurna HUT Ke-61 Takalar, Wagub Andi Sudirman Dapat Pujian dari Bupati Syamsari Kitta

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hadiri Rapat Paripurna HUT Ke-61 Takalar, Wagub Andi Sudirman Dapat Pujian dari Bupati Syamsari Kitta

Wagub berharap, pada usia ke-61 tahun ini, Kabupaten Takalar bisa lebih maju dan lebih baik di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati, Syamsari Kitta dan Achmad Daeng Se're.

RAKYATKU.COM,TAKALAR - Bertema "Takalar Unggul dan Inovatif", hari jadi ke-61 Butta Panrannuanta diperingati, Rabu (10/2/2021). Dilakukan melalui rapat paripurna DPRD Takalar.

Bupati Takalar, Syamsari Kitta mengenakan setelan pakaian adat. Begitu pula Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman. Mereka mengenakan jas tutup berwarna biru dipadukan songkok Bugis-Makassar.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, rapat paripurna yang dilaksanakan secara luring dan daring ini dibuka Ketua DPRD Takalar, Darwis Sijaya.

Baca Juga : Atas Inisiatif Wagub Sulsel, Warga Paccerakkang: Alhamdulillah Kami Tidak Kebanjiran Lagi

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengakui sudah dekat dengan Takalar. Ini merupakan yang kedua kali datang dengan acara yang sama. Dia juga sering berkunjung ke wilayah lokasi PSN seperti Pamukkulu.

"Selama di Takalar, alhamdulillah warga menyambut program strategis di sini. Takalar menjadi salah satu incaran target program strategis nasional dan investasi, maka harus siapkan SDM dan berbenah," tuturnya.

 

Bersama Gubernur Nurdin Abdullah, kata dia, dia memiliki komitmen bersama masyarakat dan Pemkab Takalar untuk membangun Kabupaten Takalar lebih baik.

Baca Juga : Wagub Sulsel Apresiasi Distribusi Masker Medis GP Ansor, KSP, dan Aice Group ke Kelompok Rentan Penularan

Tentunya dalam kepemimpinan ini, tidak terlepas dari kearifan lokal dan karakter dari wilayah timur. Salah satunya mengenai budaya sipakatau atau saling memanusiakan manusia dalam kondisi apapun, sipakainge atau saling mengingatkan, dan sipakalebbi atau saling menghargai satu sama lain.

Ia memaparkan, bahwa dalam mengambil sebuah keputusan diperlukan pertimbangan.

"Menekan mudarat lebih utama daripada menghasilkan manfaat. Takalar menjadi bagian dalam rencana strategis Pemprov dan nasional termasuk SPAM Regional (air minum), TPST Bio-Solar (teknologi kelola sampah-waste to energy), irigasi tetes, lokasi budi daya sumber tanaman jagung F1 sebagai benih unggul turunan pertama untuk pabrik benih Maros, proyek besar Bendungan Pamukkulu kapasitas 6000-an hektare, dan lain-lain," ujarnya.

Baca Juga : Utus Andalan Sulsel Peduli Berbagi di Pulau Lae-Lae, Istri Wagub Sulsel: Berbagi Memberi Rasa Damai

Dirinya berharap, pada usia ke-61 tahun ini, Kabupaten Takalar bisa lebih maju dan lebih baik di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati, Syamsari Kitta dan Achmad Daeng Se're.

Bupati Takalar, Syamsari Kitta menyampaikan terima kasih kepada gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan.

"Serta apresiasi kami dalam memajukan Kabupaten Takalar di bawah bimbingan bapak gubernur dan wakil gubernur. Kita percaya dan mendukung di bawah kepemimpinan beliau dalam membangun Sulawesi Selatan," ujarnya.

Baca Juga : Ditinjau Wagub Sulsel, Begini Kecanggihan Rumah Potong Hewan Tamangapa Sekarang

Ia pun mengakui, sosok Andi Sudirman yang dinilai cerdas dan berpengalaman dalam dunia profesional.

Syamsari Kitta melaporkan, progres dari 22 program prioritas dari Desember 2017-Desember 2020 telah terealisasi 63 persen.

Syamsari menyampaikan pula agar Pemprov Sulsel mendukung dan memberikan bantuan dalam penyelesaian jalan kabupaten sekitar 700 kilometer. Sepanjang 300 kilometer di antaranya dalam kondisi rusak berat.

Baca Juga : Malam-Malam Wagub Sulsel Bersama Forkopimda Ngantor, Ada Apa?

Bupati Takalar juga mengungkap beberapa Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dilakukan di Takalar. Di antaranya rencana pembangunan proyek Pembangunan Kawasan Industri Terpadu Takalar (KITTA) bekerja sama PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero) dan pembangunan Bendungan Pammukulu.

"Kita harus optimis. Apalagi ada arahan dan dukungan dari bapak gubernur dan wakil gubernur. Banyak hal yang bisa dikerjakan bersama. Mari bersama untuk mewujudkan Takalar yang unggul, sejahtera, dan bermartabat," pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Wagub Sulsel di antaranya Kepala Bappelitbangda Sulsel, Junaedi dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sulsel, Sukarniaty Kondolele.

Penulis : Irmawati Azis
#HUT Takalar #Wagub Sulsel