Rabu, 10 Februari 2021 17:00

Wali Kota Parepare Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wali Kota Parepare Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Taufan mengajak seluruh masyarakat yang masuk syarat kategori agar bersedia melakukan donor plasma Konvalesen.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengaku bersyukur Rumah Sakit Umum Daerah (RSU) Andi Makkasau Parepare kini memiliki Apheresis.

Alat kesehatan ini digunakan untuk melakukan Donor Plasma Konvalesen bagi penyintas Covid-19.

Khusus di Sulawesi Selatan, selain di RSU Andi Makkasau, Apheresis juga telah tersedia di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo, RS Tajuddin Chalid.

Baca Juga : DPRD Parepare Gelar Paripurna LKPj Wali Kota TA 2023

"Kita patut bersyukur dengan adanya alat canggih yang dimiliki rumah sakit kita,” katanya, Rabu (10/2/2021).

Taufan mengajak seluruh masyarakat yang masuk syarat kategori agar bersedia melakukan donor plasma Konvalesen. Karena itu menjadi salah satu upaya untuk menekan penyebaran Covid-19.

“Bagi sahabat dan masyarakat yang bersyarat menjadi pendonor plasma, alat Apheresis sudah tersedia RSUD Andi Makkasau Parepare, kami siap untuk memberikan pelayanan. Mari membantu sesama kita,” ungkap Taufan.

Baca Juga : Pj Wali Kota Parepare Buka Musrenbang RPJPD 2025-2045

Dirut RSU Andi Makkasau Parepare, Renny Anggraeny mengatakan secara sederhana terapi plasma konvalesen bisa dipahami sebagai transfer antibodi antara penyintas suatu infeksi kepada orang yang sedang menghadapi infeksi.

Dia menjelaskan, terapi plasma konvalesen berpijak pada pemahaman bahwa seorang penyintas infeksi, setelah sembuh akan membentuk antibodi dalam tubuhnya.

“Dalam hal COVID-19, acuannya adalah penyintas penyakit itu diharapkan sudah membentuk antibodi yang kemudian disimpan dalam plasma darahnya. Plasma penyintas Covid-19 itu kemudian diberikan kepada orang lain yang sedang menghadapi infeksi virus corona,” jelasnya.

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare