Selasa, 09 Februari 2021 18:03

Warga Desa Piplantri India yang Melahirkan Bayi Perempuan Wajib Tanam 111 Pohon

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sumber foto: keepo.me
Sumber foto: keepo.me

Pohon tersebut dianggap sebagai simbol duka cita mendalam Paliwal kepada putrinya.

RAKYATKU.COM - Desa Piplantri, India punya tradisi unik menyambut kelahiran bayi perempuan. Di daerah ini, warganya wajib menanam 111 pohon ketika seorang bayi perempuan lahir di desa tersebut.

Hal tersebut dilakukan untuk menyambut dan merayakan kelahiran bayi perempuan, juga sebagai wujud syukur karena jumlah penduduk desa tersebut telah bertambah.

Tradisi unik ada di Desa Piplantri ini pun sempat menghebohkan jagat internasional. Pasalnya, menanam banyak pohon bukanlah pekerjaan yang mudah, namun penduduk di desa tersebut tetap sanggup melakukan tradisi unik ini untuk menghormati bayi perempuan yang telah lahir.

Baca Juga : Penendang Sesajen yang Sempat Viral Resmi Jadi Tersangka

Dilansir dari The Guardian via keepo.me, mantan kepala desa Piplantri, Shyam Sundar Paliwal lah yang awalnya mengagas ide ini kemudian menjadi tradisi hingga saat ini.

Awalnya, putri Paliwal pada saat itu meninggal di usia 16 tahun, ia pun menanam sebuah pohon untuk memberi penghormatan kepada putrinya.

 

Pohon tersebut dianggap sebagai simbol duka cita mendalam Paliwal kepada putrinya. Semenjak saat itulah, tradisi menanam 111 pohon dilakukan sebagai bentuk syukur juga untuk menyambut setiap bayi perempuan yang baru lahir.

Baca Juga : Charly "Gila" dengan Helmnya yang Unik, tetapi Pesannya Sangat Waras

Tidak hanya menanam, pohon pun harus dirawat hingga besar selayaknya membesarkan anak sendiri.

Sponsored by MGID

Kedua orang tua juga harus menandatangani surat pernyataan akan memberikan pendidikan kepada putri mereka dan tidak akan menikahkan sebelum berusia 18 tahun.

#viral #bayi