Senin, 08 Februari 2021 11:32

Musrenbang RPJMD 2019-2024, Bupati Wajo Beberkan Tiga Program Prioritas

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Musrenbang RPJMD Kabupaten Wajo 2019-2024 dimulai hari ini, Senin (8/2/2021).
Musrenbang RPJMD Kabupaten Wajo 2019-2024 dimulai hari ini, Senin (8/2/2021).

Peningkatan kualitas SDM yang berkualitas dan berdaya saing jadi salah satu program prioritas Pemkab Wajo.

RAKYATKU.COM, WAJO - Musrenbang RPJMD Kabupaten Wajo 2019-2024 dimulai hari ini, Senin (8/2/2021). Musrenbang pertama ini digelar di Kecamatan Majauleng.

Bupati Wajo, Amran Mahmud, mengatakan ada tiga program prioritas pembangunan tahun 2022. Pertama, pembangunan infrastruktur yang terpadu dan berwawasan lingkungan.

"Melalui program prioritas ini, kita menargetkan terjadi peningkatan manajemen dan kualitas infrastruktur jalan dan jembatan serta perhubungan. Demikian pula dengan tutupan lahan dan tata kelola persampahan dan limbah di Kabupaten Wajo dapat lebih baik lagi," kata Amran Mahmud.

Baca Juga : DPRD Wajo Gelar Rapat Paripurna LKPJ Tahun 2023 Bersama Pj Bupati

Kedua, lanjut Amran Mahmud, adalah peningkatan kualitas SDM yang berkualitas dan berdaya saing. Program ini mengagendakan akselerasi peningkatan kualitas pendidikan maupun kesehatan, termasuk sarana dan prasarana di dalamnya.

"Kita juga perlu mempercepat pemenuhan standar pelayanan minimal yang merupakan pelayanan dasar bagi masyarakat kita. Bukan hanya itu, kapasitas aparat kita khususnya dalam perencanaan, pelaporan, dan evaluasi perlu ditingkatkan agar sistem perencanaan Kabupaten Wajo menjadi berkualitas," bebernya.

Program prioritas ketiga adalah akselerasi pemulihan ekonomi kerakyatan. "Program ini kita akselerasi melalui peningkatan produksi dan produktivitas komoditi pertanian, peningkatan sarana dan prasarana, serta keterampilan masyarakat. Penanggulangan beban hidup lapisan masyarakat miskin dan peningkatan kapasitas produksi usaha bagi mereka," tutur Amran Mahmud. (adv)

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo