Rabu, 03 Februari 2021 23:02

Bukan Poros Halid, Nurani Strategic Sebut Andi Akmal Pasluddin Paling Menonjol Tatap Pilkada Bone

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Nurmal Idrus
Nurmal Idrus

Poros anggota DPR RI, Andi Akmal Pasluddin (A2P) bisa jadi ancaman.

RAKYATKU.COM - Masa kepemimpinan Bupati Bone Andi Fahsar M Padjalangi akan berakhir tahun 2023. Siapa suksesornya?

Direktur Nurani Strategic Consulting (NSC), Dr Nurmal Idrus menyebut Pilkada Bone bakal lebih menarik. Sebab, pada pilkada berikutnya, Fahsar tak lagi bertarung.

"Bone menjadi magnet politik karena seringkali memunculkan tokoh nasional dan juga menjadi pengontrol suara terbesar kedua di Sulsel setelah Kota Makassar. Apapun yang terjadi jelang pilkada di Sulsel, Bone akan menjadi prioritas bahasan," kata Nurmal, Rabu (3/2/2021).

Terkait kekuatan politik yang kemungkinan ikut berkompetisi nantinya, Nurmal menyebut bahwa kemungkinan akan ada lima poros utama yang berpotensi bertarung.

"Kemungkinan tak akan jauh dari lima poros utama ini, yaitu poros Padjalangi, poros Halid, poros Sulaiman, poros Akmal Pasluddin (A2P), dan poros Mangunsidi. Poros ini pada saatnya nanti akan memunculkan figurnya sebagai calon bupati," tambahnya.

Meski menyebut lima kekuatan yang akan bersaing, Nurmal belum bisa menyebut siapa nama pasti dari lima poros itu yang akan didorong menjadi figur andalan.

"Seperti poros Halid, mereka punya Syamsiar Halid. Poros Padjalangi punya Andi Yagkin dan Andi Rio. Poros Sulaiman punya Andi Sudirman dan Andi Sumardi. Ini menarik kita tunggu," jelasnya.

Nurmal memprediksi, poros anggota DPR RI, Andi Akmal Pasluddin (A2P) bisa jadi ancaman.

"Jika Andi Akmal maju, maka itu bisa mengubah banyak peta politik di sana. Dia punya segalanya untuk ikut bertarung seperti dukungan finansial, dukungan politik, dan yang paling penting basis elektoral riil yang punya gambaran jelas," ujar mantan ketua KPU Makassar ini.

Akmal, kata Nurmal, pernah membuktikannya dengan meraih 66.329 suara murni di Dapil Sulsel 2 di Pemilu 2019 lalu.

"Dari jumlah itu Pak Akmal meraih 33.376 suara dari total suara PKS di Bone dengan perolehan suara partai sebanyak 43.607 suara. Itu modal yang sangat besar," jelasnya.

Nurmal mendeteksi, basis elektoral Akmal Pasluddin membentang dari Bone Selatan yaitu di Kecamatan Bontocani, Kecamatan Kahu, Kecamatan Kajuara, Kecamatan Libureng, Kecamatan Patimpeng, dan Kecamatan Salomekko.

"Pengaruhnya juga sampai di Bone Barat yang meliputi Ulaweng, Amali, Tellulimpoe, Lamuru, Bengo, dan Lappariaja. Makanya menarik untuk kita tunggu sikapnya," katanya.

Penulis : Syukur
#pilkada bone