Rabu, 03 Februari 2021 13:07

Tanpa Luka dan Bekas, Operasi Saluran Kemih di RSU Andi Makkasau Gunakan Endoscopy Urology

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tanpa Luka dan Bekas, Operasi Saluran Kemih di RSU Andi Makkasau Gunakan Endoscopy Urology

Dengan adanya alat ini dapat memangkas antrean dan waktu tunggu pasien.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - RSU Andi Makkasau, Kota Parepare kini memiliki Endoscopy Urology. Dengan alat kedokteran ini, operasi saluran kemih dapat dilakukan tanpa menimbulkan bekas atau luka pada pasien. Selain itu, waktu sembuh terbilang singkat dibanding operasi yang dilakukan pada umumnya.

“Waktu pemulihan pasien bisa lebih cepat dibandingkan dengan operasi yang terbuka. Sebagai contoh, kami mengerjakan pada pasien pembesaran prostat, kalau dengan operasi terbuka membutuhkan waktu kira-kira sampai tujuh hari baru bisa pulang, dan kemungkinan ada pendarahan. Nah dengan adanya teknik operasi menggunakan Endoscopy Urology ini perawatan dipangkas hanya 3 sampai 4 hari saja dan pasien tanpa luka sehingga kita tidak ada transfusi darah,” papar Asykar Palinrungi, Dokter Ahli Spesialis Urology RSUD Andi Makkasau Parepare, Rabu (3/2/2021).

Ibrahim Kasim, Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSU Andi Makkasau, berharap, dengan adanya alat kedokteran itu dapat memangkas antrean dan waktu tunggu pasien.

Baca Juga : Wali Kota Parepare Kukuhkan Manajemen RSU Andi Makkasau

“Sebelum kita datangkan, kita melihat banyaknya antrean operasi saluran kemih yang menumpuk. Sesuai instruksi Pak Wali agar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga kami Direksi melalui Ibu Direktur mengadakan alat Endoscopy Urology dengan harapan antrean bisa kita potong,” tutup Ibrahim.

Penulis : Hasrul Nawir
#RSU Andi Makkasau Parepare