Senin, 01 Februari 2021 14:07

IDP Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19 di Luwu Utara

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Indah Putri Indriani
Indah Putri Indriani

Ketika jarum suntik menancap di lengan kirinya, IDP melempar senyum ke semua tamu yang hadir.

LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani (IDP) menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 di wilayah setempat. Bupati perempuan pertama di Sulsel itu disuntik oleh dr. Musmiani usai melalui melewati berbagai tahapan atau proses vaksinasi, pada Senin (1/2/2021).

IDP mengikuti Pencanangan Vaksinasi Perdana Covid-19 di Puskesmas Masamba. Sebelum disuntik, tahapan pertama yang dilalui IDP adalah pendaftaran.

Di meja pertama ini, Indah terlebih dahulu harus mendaftarkan diri. Setelah itu, dia menuju ke meja kedua untuk proses pemeriksaan kesehatan atau screening, apakah dirinya layak menerima vaksin atau tidak.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

Dalam proses screening, Indah diberikan beberapa pertanyaan oleh tim pemeriksa. Ada 13 pertanyaan yang diberikan. Di antaranya, Indah ditanya apakah dirinya mengalami demam dalam 7 hari terakhir, apakah dirinya mengalami diare dalam 7 hari terakhir, apakah memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi, ginjal atau gangguan penyakit lainnya. Apakah dirinya mengalami gangguan imunologi atau memiliki riwayat alergi terhadap vaksinasi. Dari semua pertanyaan yang ditujukan, semua dia jawab, tidak.

Selesai menjawab pertanyaan, Indah kemudian menjalani pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat dan kolesterol. Hasil pemeriksaan orang nomor satu di Luwu Utara ini, semuanya normal, dan dia pun disilakan menuju meja ketiga untuk dilakukan penyuntikan vaksin Covid-19. Indah terlihat santai. Ketika jarum suntik menancap di lengan kirinya, dia melempar senyum ke semua tamu yang hadir.

“Alhamdulillah, aman dan lancar kok. Ayo, kita sukseskan vaksinasi ini,” kata Indah tersenyum usai disuntik vaksin.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Indah yang mengaku tidak melakukan persiapan khusus sebelum ikut vaksinasi Covid-19 mengatakan bahwa vaksinasi Covid-19 adalah upaya pemerintah untuk membanghun imunitas massal di tengah masyarakat. Tentu dengan harapan, ketika pemerintah mengambil kebijakan “herd immunity”, maka kekebalan terhadap virus corona sudah terbentuk di dalam tubuh, sehingga masyarakat dapat beraktivitas normal kembali dengan situasi yang jauh lebih nyaman lagi. Untuk itu, dia mendorong semua masyarakat untuk ikut menyukseskan vaksinasi ini.

“Mohon dukungan kita semua untuk menyukseskan vaksinasi ini. Pandemi ini harus dihadapi bersama, tidak boleh ada ego,” tegas dia.

Meski begitu, usai divaksin, Indah meminta agar tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. ”Jangan kendor, tetap patuhi protokol kesehatan, karena vaksinasi kedua masih akan kita lakukan 14 hari ke depan,” pungkasnya.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Setelah Bupati Indah, disusul Kapolres Luwu Utara, dan Pabung Kodim 1403/Sawerigading, Sekretaris Dinas Kesehatan, Jubir Satgas Komang Krisna, serta tenaga kesehatan di Puskesmas Masamba. Semua divaksin dengan melewati empat tahap, sama seperti Bupati Luwu Utara. 

#pemkab luwu utara