Jumat, 29 Januari 2021 12:02

Pemandangan Langka, Setya Novanto hingga Jero Wacik Jadi Petani di Lapas Sukamiskin

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Eks Wali Kota Bandung, Dada Rosada, dan eks Ketua DPR RI, Setya Novanto, panen padi di Lapas Sukamiskin. (Foto: (Istimewa)
Eks Wali Kota Bandung, Dada Rosada, dan eks Ketua DPR RI, Setya Novanto, panen padi di Lapas Sukamiskin. (Foto: (Istimewa)

Para petani yang turun tangan adalah mantan pejabat tinggi alias para terpidana kasus korupsi yang menghuni lapas.

RAKYATKU.COM - Pemandangan langka tersaji di Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/1/2021).

Salah satu pos kerja bagi warga binaan, yaitu pos kerja pertanian melakukan panen raya padi untuk pertama kalinya.

Menarik karena para petani yang turun tangan adalah mantan pejabat tinggi alias para terpidana kasus korupsi yang menghuni Lapas Sukamiskin.

Beberapa warga binaan yang terlibat, yakni mantan Ketua DPR, Setya Novanto dan mantan Kakorlantas, Joko Susilo. Kemudian, mantan Menteri ESDM, Jero Wacik dan mantan Wali Kota Bandung, Dada Rosada.

Selain padi, pos kerja pertanian di Lapas Sukamiskin juga memiliki berbagai macam hasil pertanian lain seperti jagung, umbi, cabai, tanaman obat. Bahkan, ada juga peternakan merpati hingga budidaya ikan.

Kepala Lapas Sukamiskin Asep Sutandar mengatakan, pos kerja ini merupakan salah satu pos kerja unggulan di Lapas Sukamiskin.

Pos ini berupaya mempersiapkan para warga binaan agar dapat lebih mandiri setelah menjalani masa pidana. Kegiatan ini dilakukan di bawah pengarahan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat.

Asep Sutandar menjelaskan bahwa pos kerja pertanian akan dikembangkan lebih kompleks lagi, sehingga bisa menjadi percontohan bagi Lapas lainnya di Indonesia.

"Meskipun dengan lahan yang terbatas, namun tidak akan menjadi hambatan dalam peningkatan kualitas pos kerja ini," kata Asep dalam keterangannya, Jumat (29/1/2021).

Salah seorang warga binaan, Jero Wacik, mengapresiasi pola pembinaan yang diterapkan dalam pembentukan pos kerja ini.

Sumber: Kompas

#Setya Novanto #Lapas Sukamiskin