Kamis, 28 Januari 2021 11:46

Mahasiswa Pascasarja Unifa Pra Seminar Media Mainstream vs Media Sosial

Trio Rimbawan
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi Unifa 2019.
Mahasiswa Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi Unifa 2019.

Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi Unifa angkatan 2019 mengulas bahwa tingkat kepercayaan masyarakat ke media mainstream lebih tinggi dibanding ke media sosial.

RAKYATKU.COM,MAKASSAR - Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi Unifa yang tergabung dalam forum pascasarjana komunikasi tampil di talkshow Smart FM, Rabu (27/1/2021) malam.

Hadir di talkshow tema "Media Mainstream vs Media Sosial" yakni Kaprodi Ilmu Komunikasi Pascasarjana Unifa, Dr. Muh Asdar.

Menurut Muh Asdar tema ini lahir dari kelompok V Mahasiswa Pascasarjana Komunikasi Angkatan 2019 yang mengikuti mata kuliah Karya Ilmiah yang Diseminarkan.

"Saya mengapresiasi tema ini. Saya kira inilah kreatifitas dari mahasiswa pascasarjana melihat fenomena yang ada saat ini menyangkut disiplin ilmu komunikasi," kata Muh Asdar.

Muh Asdar menuturkan media arus utama atau media mainstream seperti radio, televisi, koran dan terbaru media online tingkat kepercayaan publiknya masih besar ketimbang media sosial.

"Karena (mainstream) melembaga, verifikasi, aktual. Sementara media sosial unggul dikecepatan," ungkap Asdar.

 

Namun untuk ulasan lebih mendalam, sambung Asdar sebagai dosen pengampu semester 3 mata kuliah karya ilmiah yang diseminarkan akan digelar lewat seminar dari kelompok V.

Adapun Kelompok V ini diantaranya, Hasanuddin, Vito, Fadly Ilham, Rizal, Novika Ayu Triany dan Aziz Kuba yang merupakan mahasiswa pascasarjana komunikasi Unifa Angkatan 2019.

Setiap orang dikelompok ini akan membawakan materinya dari berbagai perspektif, seperti fenomena media mainstream dan media sosial, peran dan funsi media mainstream dan sosial, kepentingan ekonomi politik, hingga regulasi dari media mainstream dan media sosial.

Rencana seminarnya pada 2 Februari 2021, dan akan menghadirkan penanggap dari akademisi dan praktisi serta kalangan mahasiswa dan lintas profesi.

"Ini pra seminar yang rencana 2 Februari. Karena di acara nanti, kita rencana undang juga dari kepolisian di Polda Sulsel, bagaimana peran polisi menyikapi era informasi saat ini," kata Vito perwakilan panitia seminar ini.

Ditambahkan seminar nanti tetap digelar secara tatap muka dan online dengan protokol kesehatan yang ketat mengingat masih suasana pandemi covid-19.

#Ilmu Komunikasi Unifa #Seminar Media Mainstream