Senin, 25 Januari 2021 09:29

Bus Damri Mengaspal di Luwu Utara: Masamba ke Rongkong Hanya Tiga Jam

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bus Damri Mengaspal di Luwu Utara: Masamba ke Rongkong Hanya Tiga Jam

Bus Damri dijadwalkan setiap harinya akan berangkat setiap pukul 10.00 wita dari Terminal Masamba.

MASAMBA -- Masyarakat Kabupaten Luwu Utara kini bisa menikmati fasilitas angkutan bus Damri dari Terminal Masamba menuju Kecamatan Rongkong. Angkutan massal ini juga tidak membutuhkan waktu yang begitu lama untuk sampai.

Jika tak ada hambatan, Bus Perintis Damri hanya membutuhkan waktu kurang lebih tiga jam saja, untuk sampai ke Kecamatan Rongkong dari Terminal Masamba. Begitupun sebaliknya.

"Interval waktu itu normal tanpa hambatan itu, tiga jam sudah sampai di Rongkong. Kan kita sudah uji coba sebelum launcing, rute Masamba, Sabbang, Rongkong ini," kata Manager Usaha Perum Damri Makassar, Misran Hakim, Minggu (24/01/2021).

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Dia menambahkan, satu pekan ke depan pihaknya juga masih akan melakukan penyesuaian jadwal. Namun untuk saat ini Bus Damri dijadwalkan setiap harinya akan berangkat setiap pukul 10.00 wita dari Terminal Masamba.

"Sementara kita jadwalkan jam 10.00 wita. Satu pekan ke depan kita juga masih menyesuaikan, kita tepatnya berangkat jam berapa, masyarakat kebanyakan bepergian dengan kendaraan umum jam berapa. Yang penting juga itu adalah sosialisasi kepada masyarakat soal Bus Damri perintis ini," jelasnya.

Setiap harinya lanjut Misran Hakim, akan ada dua armada yang beroprasi di rute Masamba, Sabbang, Rongkong. "Jadi satu start dari terminal masamba, satu armada lagi start dari rongkong itu setiap hari. Dari terminal Masamba ke Rongkong satu trip dua rit (pulang pergi). Satu hari jadinya empat rit, karena kita oprasikan dua armada," ungkapnya.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Dia menambahkan, yang terpenting ke depan adalah sosialisasi kepada masyarakat, sebab kata dia masih banyak masyarakat yang keliru melihat bus perintis tersebut. "Banyak masyarakat kita menganggap kalau naik bus itu, kalau kita harus keluar daerah harus perjalanan jauh. Padahal tidak semua juga," tuturnya.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani menyampaikan, sebelumnya pemda Luwu Utara tidak pernah membayangkan akan ada bus yang akan melintas hingga ke Rongkong.

"Hal ini sangat kita syukuri, karena memang kita tidak pernah bayangkan. Tapi hari ini kita resmikan jalu Masamba, Sabbang Rongkong," kata Indah.

Baca Juga : Disdikbud Luwu Utara Santuni Ratusan Yatim Piatu

Dia berharap ke depan, bus perintis Damri tidak hanya sampai ke Rongkong saja, namun bisa sampai ke Seko bahkan menembus Sulawesi Barat. "Karena saat ini infrastruktur jalan masih terus dibenahi. Jika semua selesai, kita harap bus Damri juga bisa terus ke Seko," pungkasnya.

#pemkab luwu utara