Sabtu, 23 Januari 2021 19:06

Puncak Peringatan Hari Jadi Luwu di Luwu Utara Meriah dalam Keterbatasan

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Puncak Peringatan Hari Jadi Luwu di Luwu Utara Meriah dalam Keterbatasan

Meski meriah, penegakan protokol kesehatan tetap dijalankan dengan sangat ketat.

Luwu Utara -- Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara sukses menggelar perayaan Hari Jadi ke-753 Tana Luwu (HJL) dan Peringatan ke-75 Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL), Sabtu (23/1/2021), di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara. Meski digelar virtual dan terbatas, puncak peringatan HJL/HPRL tetap berlangsung meriah.

Apa yang diharapkan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, untuk menghadirkan kemeriahan di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19 di acara puncak peringatan HJL/HPRL akhirnya terwujud.

Meski meriah, penegakan protokol kesehatan tetap dijalankan dengan sangat ketat. Panitia kegiatan hanya membuka jalur pintu masuk di depan sisi kiri dan kanan. Panitia juga menyiapkan Tim Medis PSC 119 Dinas Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi semua tamu yang akan masuk ke dalam Aula La Galigo.

Baca Juga : Musrenbang RPJPD, Pemkab Luwu Utara Tetapkan Visi Pembangunan 2025—2045

Sebelumnya, Bupati Lutra juga memastikan seluruh tamu, termasuk tuan rumah bebas dari Covid-19, karena sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan swab antigen sehari sebelum acara berlangsung.

Selain Bupati Lutra, beberapa tokoh penting hadir, seperti Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, para Anggota DPRD Sulsel dari dapil Tana Luwu, seperti Taqwa Muller, Husmaruddin, dan Andi Hatta Marakarma, Dandim 1403/Sawerigading Letkol Inf Gunawan, Ketua DPRD Lutra Basir, Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali, Kapolres se-Tana Luwu, Sekda Lutra Armiadi, Sekda Luwu Sulaiman, Sekda Lutim Basri Suli, serta Forkopimda lainnya. Bupati Lutra 2010 – 2015 Arifin Junaidi juga terlihat hadir bersama Makole Baebunta Andi Masita.

Acara puncak peringatan HJL/HPRL diawali dengan tarian tradisional khas Luwu, sekaligus menyambut kedatangan para tokoh dan pejabat Sulsel dan Tana Luwu yang hadir langsung di Luwu Utara. Sementara para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemda Lutra dan pegawai lainnya hanya boleh mengikuti puncak peringatan HJL/HPRL di kantor masing-masing.

Baca Juga : Luwu Utara Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Pun pejabat dari Tana Luwu lainnya juga mengikuti acara historis ini secara virtual. Meski begitu, kemeriahan dalam keterbatasan tetap hadir dan dirasakan semua pihak.

Wagub Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, yang hadir mewakili Gubernur, mengaku tetap merasakan kenikmatan yang luar biasa dari peringatan HJL, meski digelar terbatas.

“Ini sebuah kenikmatan yang luar biasa di tengah pandemi, bisa hadir langsung dalam kegiatan bersejarah seperti ini,” kata Wagub Sudirman dalam sambutannya.

Baca Juga : Banjir di Bone-Bone, Bupati Luwu Utara Imbau Warga Tetap Waspada

Menurut dia, di masa pandemi seperti ini, kemeriahan dalam aspek kuantitas tak lagi mutlak menjadi kebutuhan. Dia menyebutkan, aspek kualitas-lah menjadi penentu kemeriahan dalam kondisi pandemi. “Kita sekarang lebih banyak mengutamakan kualitas, ketimbang kuantitas,” terangnya.

Pada kesempatan itu, Sudirman membuka data dan fakta bagaimana perhatian Pemprov Sulsel terhadap Tana Luwu yang begitu besar, utamanya dalam pembangunan infrastruktur, seperti pembangunan ruas jalan, jembatan, runaway bandara, irigasi, serta yang lainnya.

“Pemprov Sulsel selalu memikirkan bagaimana membangun Luwu Raya dengan baik. Ini semua tidak lain adalah komitmen kami bersama bapak Gubernur dan juga anggota DPRD dapil Tana Luwu yang selalu berjuang untuk Tana Luwu. Program prioritas pembangunan di Tana Luwu ini adalah program bersama dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat,” jelas dia.

Baca Juga : Silaturahmi KKLR, Bupati Luwu Utara: Silakan Kritik Sedahsyatnya tapi Bantu Sekuatnya

Sebelumnya, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dalam sambutannya menegaskan bahwa kemeriahan peringatan HJL/HPRL tetap bisa dihadirkan meski dalam bingkai kesederhanaan dan keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Kemeriahan itu, sebut dia, bisa dilihat dari kualitas pelaksanaannya.

“Kami meyakini bahwa kemeriahan tahun-tahun sebelumnya yang biasanya ditunjukkan secara kuantitas, kita pindahkan kemeriahannya ke dalam diri kita masing-masing dan itu kita tunjukkan secara kualitas pada hari ini,” kata Indah.

Perempuan penoreh sejarah Pilkada di Sulsel ini menyebutkan, perhelatan HJL/HPRL yang diselenggarakan setiap 23 Januari, pada dasarnya adalah momentum untuk mengenang nilai-nilai sejarah perjuangan rakyat Luwu, sekaligus mengingatkan kembali akan sejarah kebesaran Kerajaan Luwu di masa silam.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Minta PPPK Makin Adaptif

“Peringatan ini tidak sekadar membawa kita untuk bernostalgia, tapi jauh lebih penting bahwa peringatan ini adalah bentuk komitmen Wija To Luwu untuk meneruskan perjuangan dan cita-cita luhur para pendahulu yang ditanamkan Sri Paduka Andi Djemma yang telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional oleh pemerintah,” tandasnya.

#pemkab luwu utara