Sabtu, 23 Januari 2021 13:43
Hari Jadi dan Perlawanan Rakyat Luwu

IDP: Luwu Raya Junjung Tinggi Sinergitas

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
IDP: Luwu Raya Junjung Tinggi Sinergitas

Sinergitas sangat dibutuhkan untuk memutus mata rantai virus covid-19

LUWU UTARA -- Peringatan Hari Jadi Tana Luwu (HJL) ke 753 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-75 berlangsung lancar di kantor bupati Luwu Utara, Sabtu (23/1/2021).

Nampak hadir antara lain Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, anggota DPRD Prov, perwakilan pimpinan kepala daerah yang ada di Tana Luwu, forkopimda Luwu Utara, hingga sejumlah tokoh adat.

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (IDP)  menegaskan, empat komponen pemerintah daerah di Luwu Raya menjunjung sinergitas, mewujudkan Luwu aman dan damai.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

"Tema HJL dan HPRL kali ini, adalah sinergi tanah Luwu aman dan sehat. Bersinergi tanpa batas menciptaprakan rasa aman, dari berbagai hal dan bersinergi sehat. Apalagi kita saat ini masih dalam situasi pandemi, sinergitas sangat dibutuhkan untuk memutus mata rantai virus covid-19," kata Indah.

Dia menambahkan, di Tana Luwu ini ada tiga simbol yang menjadi pegangan disetiap daerah yang ada di Luwu Raya. Simbol payung, badik dan simbol pohon sagu. Simbol payung menggambarkan, bagaimana pemerintah melindungi masyarakatnya.

"Saat musim hujan, pemerintah wajib memastikan warganya tidak kehujanan, saat musim panaspun masyarakat kita tidak kepanasan. Dan paling penting juga, dimasa paceklik tak ada masyarakat kita yang kelaparan," tutur bupati perempuan pertama di Sulsel itu.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

"Simbol badik sendiri terkandung nilai kesatria yang menjunjung harkat, martabat dan harga diri. Sedangkan pohon sagu melambangkan, ketersediaan pangan yang melimpah," sambung Indah.

Momentum peringatan HJL/HPRL ini kata Indah, diharapkan seluruh masyarakat Luwu bisa mengambil pelajaran dan mencontoh semangat para pejuang yang berjuang mempertahankan tanah Luwu.

Dalam pelaksanaan HPRL/HJL ini, juga diberlakukan protokol kesehatan yang ketat, bahkan semua tamu undangan menyertakan surat keterangan bebas Covid-19.

#pemkab luwu utara