Jumat, 22 Januari 2021 17:03

Ditetapkan Pemenang, Adnan Purichta Ichsan Ungkap Sejarah yang Tercipta di Pilkada Gowa 2020

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ditetapkan Pemenang, Adnan Purichta Ichsan Ungkap Sejarah yang Tercipta di Pilkada Gowa 2020

Adnan menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas suasana kondusif selama tahapan pilkada.

RAKYATKU.COM - Pasangan Adnan Purichta Ichsan-Abdul Rauf Malaganni Karaeng Kio resmi ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Gowa.

Penetapan dilakukan KPU Gowa dalam rapat pleno terbuka, Jumat (22/1/2021). Acara berlangsung di Hotel Gammara, Makassar.

Dalam pleno terbuka tersebut, Muhtar Muis, ketua KPU Kabupaten Gowa periode 2018-2023 mengatakan, penetapan dilakukan setelah menerima pemberitahuan dari MK terkait tidak adanya gugatan pada Pilkada Gowa 2020.

Baca Juga : 

"Sesuai aturan, jika tidak ada gugatan maka penetapan dilakukan paling lama lima hari setelah pemberitahuan dari MK. Surat MK diterima dua hari lalu," kata Muhtar dalam acara pleno terbuka.

Pada Pilkada Gowa 2020, pasangan Adnan-Kio mendapat 91,22 persen dari total suara yang sah.

Dalam sambutannya, Adnan menyampaikan apresiasi kepada semua pihak atas suasana kondusif selama tahapan pilkada.

 

"Tahapan sudah semua kita selesaikan bersama. Pilkada Gowa merupakan salah satu pilkada terbaik di Sulsel. Kenapa saya bilang begitu, karena selalu ada ciri khas di setiap perhelatan. Selalu ada sejarah," katanya.

"Periode lalu, pertama di Sulsel ada calon perseorangan yang terpilih. Termasuk bupati termuda di kawasan timur Indonesia," sambung Adnan yang berdiri didampingi Karaeng Kio.

Namun, kata Adnan, bukan hanya pasangan calon yang mengukir sejarah pada pesta pilkada. KPU sebagai penyelenggara pun mengukir sejarah yang sangat baik.

"Kalau kami raih suara 91,2 persen, kita juga masuk salah satu kabupaten dengan partisipasi tertinggi di Sulsel dan di Indonesia, yakni 78,2 persen melebihi target nasional 77 persen," katanya.

"Ini jadi kebanggaan kita semua karena di tengah pandemi dimana orang takut berinteraksi, saat pemilihan semua berbondong-bondong datang memilih. Kalau selama ini partisipasi pemilih calon tunggal tidak pernah di atas 60 persen. Kini kita melewati dan itu berkat kerja keras KPU," bebernya.

Selain itu, kata Adnan, Kabupaten Gowa yang selama ini dikenal sebagai zona merah saat pemilihan kepala daerah dapat berlangsung dengan aman dan tenteram.

"Sekarang kita lalui dengan zona hijau yang bersinar. Insyaallah kita tidak akan permalukan amanah kita semua," katanya.

Penulis : Syukur
#adnan purichta ichsan #Pilkada Gowa