Jumat, 22 Januari 2021 14:00

Teken MoU Asuransi Pertanian, Jasindo: Bantaeng Wujudkan Pertanian Modern

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Teken MoU Asuransi Pertanian, Jasindo: Bantaeng Wujudkan Pertanian Modern

Pemerintah Kabupaten Bantaeng kembali meneken perjanjian kerja sama dengan PT Jasindo. Kerja sama ini terkait dengan keberlanjuan program asuransi pertanian, peternakan dan kelautan.

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Pemerintah Kabupaten Bantaeng kembali meneken perjanjian kerja sama dengan PT Jasindo. Kerja sama ini terkait dengan keberlanjuan program asuransi pertanian, peternakan dan kelautan.

Branch Manager PT. Asuransi Jasa Indonesia, Tony Hendrawan mengatakan, program kerja sama ini menandakan jika Bantaeng terus bergerak ke model pertanian mandiri dan modern. Oleh karena itu, dia mengaku jika PT Jasindo akan terus berupaya mendorong terciptanya pertanian yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan petani di Bantaeng.

"Kami juga berkomitmen untuk tetap melayani masyarakat di Bantaeng dalam hal asuransi pertanian dan ternak nelayan sehingga terwujud petani yang maju, mandiri, modern dan berasuransi”, ujar Tony

Baca Juga : Bupati Bantaeng Lantik Puluhan Pejabat Baru

Pada kesempatan itu, Tony juga melaporkan bahwa di 2020 PT Jasindo menerima premi asuransi sebesar 713 juta dan menyelesaikan klaim sebesar 117 juta untuk asuransi tani. Dan untuk ternak sapi, PT. Jasindo menerima premi sebesar 1,2 milyar dan menyelesaikan klaimnya sebesar 1,1 milyar.

“Ke depannya kami mengajak Pemkab Bantaeng untuk mengembangkan prospek yang bisa disinergikan untuk mengembangangan penyelamatan ekonomi nasional," jelas dia.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin dalam sambutannya mengatakan bahwa di masa pandemi ini sektor pertanian dan peternakan adalah salah satu sektor yang masih memberikan produktivitas yang baik dalam mendukung pergerakan ekonomi di negara kita. Dia mengaku, selama masa pandemi ini, sektor pertanian dan peternakan Bantaeng tetap kokoh dan memperlihatkan produktivitas yang meningkat.

Baca Juga : Jelang Akhir Masa Jabatan, Ilham Azikin: Jaga Kebersamaan

“Asuransi ini menjadi bagian yang penting, dan akan menjadi sesuatu yang membanggakan bagi kami. Klaim asuransi tersebut diharapkan dapat meringankan dan menjaga semangat produktivitas petani yang ada di Bantaeng. Semoga dukungan ini tidak hanya berhenti pada satu atau dua sektor saja, sehingga kehadiran kita secara kelembagaan betul-betul bermanfaat bagi masyarakat Kab. Bantaeng”, kata Bupati.

Kerjasama antara Pemerintah Kab. Bantaeng dengan PT. Jasindo telah berjalan selama dua tahun dan saat ini telah memasuki tahun ketiga. Diharapkan kerjasama ini dapat terus terjalin demi kesejahteraan masyarakat petani di Kab. Bantaeng.

Penandatanganan MoU dan PKS dilakukan langsung oleh Bupati Bantaeng bersama Branch Manager PT. Asuransi Jasa Indonesia dan disaksikan oleh Kepala Dinas Pertanian, Budi Taufik dan Bpk. Hispano Widodo selaku perwakilan PT. Jasindo.

Baca Juga : Bupati Bantaeng Salurkan Asuransi Rp 209 Juta ke Peternak

Sekedar diketahui, program asuransi pertanian dan peternakan adalah salah satu program unggulan di Bantaeng. Program ini didorong untuk memberikan kesejahteraan dan perlindungan terhadap petani. Melalui program ini, petani Bantaeng mendapatkan subsidi asuransi secara utuh.

Penulis : Irmawati Azis
#pemkab bantaeng