Jumat, 22 Januari 2021 10:06

Perempuan Suku Himba Jadi yang Paling Cantik Se-Afrika, Padahal Tidak Pernah Mandi

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Wanita Himba sedang membentuk rambut menggunakan otjize | www.liputan6.com
Wanita Himba sedang membentuk rambut menggunakan otjize | www.liputan6.com

Rambut bagi suku Himba memiliki arti tersendiri, apalagi untuk wanita. Bagi wanita yang belum menikah, rambutnya akan dikepang menjadi dua.

RAKYATKU.COM - Tahukah Anda wanita asli suku Namibia Utara ini, menjadi salah satu suku yang memiliki wanita cantik se-Afrika.

Suku Himba memang menyimpan banyak cerita. Mulai dari keunikan makanan, adat istiadat dan kebiasaan sehari-hari.

Area Kaokoland menjadi tempat tinggal suku ini. Lokasi ini berbatasan dengan Angola utara. Bagian barat berbatasan dengan samudra Atlantik. Seperti suku di Afrika pada umumnya, Suku Himba menjadikan kepemilikan ternak sebagai pusat kehidupan.

Baca Juga : Heboh, Pria Memakai Kaos Oblong Bersarung Biru Munculkan Uang dari Balik Bantal

Walaupun hanya memiliki populasi sekitar 50 ribu orang, kebiasaan unik suku ini membuat banyak orang penasaran. Suku ini terkenal tidak mandi meggunakan air. Mereka melumuri diri mereka dengan Otjize, berupa mentega dan oker merah.

Okerj adalah pewarna merah berasa dari tanah liat. Tanah liat ini memiliki pigmen hematit atau mineral kemerahaan dengan kandungan zat besi teroksidasi.

Cara mandi ini dilakukan karena lingkungan tempat tinggal suku Himba adalah daerah iklim gurun paling ekstrem di dunia. Otjize diyakini bisa menjaga kulit tetap aman dan terlindung dari matahari serta gigitan serangga. Setiap hari wanita suku Himba rutin mengolesi tubuhnya dengan otjize.

Baca Juga : Wanita Ini Cek Rekening Bank Setelah 60 Tahun, Perubahan Saldonya Bikin Kaget

Setiap sulu rambut wanita suku Himba terpampang dengan jelas. Mulai dari pangkal rambut hingga ujung sulur dibungkus dengan otjize.

Uniknya, bagian bawah terlihat rambut gimbal berwarna hitam. Wanita suku Himba melakukan banyak hal untuk membentuk rambut gimbal yang unik.

Mulai dari menggunakan sedotan, dan menambah dengan rambut orang India yang dijual di kota.

Baca Juga : Viral Petani Ukraina "Curi" dan Tarik Tank Rusia Pakai Traktor

Wanita Himba membutuhkan waktu berjam-jam dalam sehari, untuk membuat rambut mereka tetap indah. Mereka menjaga bentuk rambut dengan tidur dengan bantal kayu.

Menurut mereka warna merah adalah simbol kecantikan. Mulai dari rambut, baju, dan perhiasan dibaluri denan otjize supaya berwarna merah.

Memang wanita Himba tidak pernah terkena air, tetapi wanita suku ini diakui sebagai yang paling menawan di benua Afrika. Memang bentuk muka proporsional dan mata yang tajam menjadi ciri khas wanita suku ini.
Wanita suku Himba menggunakan Otjize tidak hanya di badan, melainkan hingga bagian rambut dikutip dari keepo.me.

Baca Juga : Pria Ini Kesulitan Bernapas Bertahun-tahun, Ternyata Ada Gigi Tumbuh di Rongga Hidung

Rambut bagi suku Himba memiliki arti tersendiri, apalagi untuk wanita. Bagi wanita yang belum menikah, rambutnya akan dikepang menjadi dua.

Lalu untuk wanita yang sudah menikah kepangan rambutnya akan berjumlah banyak. Cara penataan rambut dengan dikepang ini memang sengaja dilakukan juga untuk mempermudah pemakain otjize.

Setiap wanita di suku ini memakai kalung besar dari tempurung putih. Mereka menyebut kalung itu ohumba, ohumba diwariskan turun temurun dari ibu ke anak.

Baca Juga : Menikah di Tanggal Cantik, Pasangan Beruntung Ini Dapat Buku Nikah "Lima Juta Kisah Cinta"

Kalung ini memiliki berat beberapa kilogram. Tidak hanya itu, mereka juga menggunakan Biji Omangetti untuk ornamen. Hal ini dilakukan karena mereka senang dengan suara yang keluar dari biji Omangetti ketika berjalan.

Lain halnya untuk pria dari suku Himba. Penataan rambut dengan bentuk tanduk di kedua sisinya menandakan kalau pria itu belum menikah. Lalu untuk pria yang sudah menikah mereka hanya akan menutup rambut menggunakan penutup kepala.

#viral #Unik #aneh