Selasa, 19 Januari 2021 22:21

Terima Bantuan Emergency Kit, Wakil Gubernur Sulbar Langsung Uji Coba Lampu LED

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bantuan dari Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Nasdem, Rachmat Gobel, ini secara simbolis diterima di rumah jabatan Wakil Gubernur Sulbar, Selasa (19/1/2021) malam.
Bantuan dari Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Nasdem, Rachmat Gobel, ini secara simbolis diterima di rumah jabatan Wakil Gubernur Sulbar, Selasa (19/1/2021) malam.

Pada kesempatan ini, Wakil Ketua DPRD Sulbar, Abdul Rahim, sempat menceritakan awal kisah mengapa bantuan emergency kit yang berisi radio transistor dan lampu LED.

RAKYATKU.COM - Wakil Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar), Enny Anggraeny Anwar, menerima bantuan emergency kit yang akan diperuntukkan bagi masyarakat terdampak gempa bumi Sulbar.

Bantuan dari Wakil Ketua DPR RI dari Fraksi Nasdem, Rachmat Gobel (RG), ini secara simbolis diterima di rumah jabatan Wakil Gubernur Sulbar, Selasa (19/1/2021) malam.

Bantuan ini diserahkan oleh Andi Yuslim Patawari, koordinator Rachmat Gobel Peduli, yang disaksikan oleh Wakil Ketua DPRD Sulbar, Abdul Rahim, yang juga merupakan legislator dari Partai Nasdem, hadir pula Anwar Adnan Saleh, Gubernur Sulbar periode 2006-2016.

Baca Juga : Dompet Dhuafa Kembali Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Gempa Sulbar

Pada kesempatan ini, Andi Yuslim sempat menceritakan awal kisah mengapa bantuan emergency kit yang berisi radio transistor dan lampu LED.

"Kami mendapatkan informasi dari rekan-rekan kita dari TNI bahwa banyak pengungsi yang naik di gunung atau bukit. Mereka membutuhkan penerangan dan juga informasi yang valid terkait perkembangan bencana ini," cerita Andi Yuslim kepada Enny Anggraeny.

 

Dianggap tidak mungkin menyiapkan genset untuk semua pengungsi, salah satu solusi penerangan pada malam hari adalah lampu LED. Sedangkan untuk perkembangan informasi dapat diketahui melalui media, salah satunya melalui siaran radio.

Baca Juga : Asmo Sulsel dan Komunitas Motor Honda Salurkan Donasi kepada Korban Gempa Sulbar

"Kalau mau dikasih genset satu per satu tidak mungkin. Apalagi, kan, ada pengungsi sementara dan ada yang permanen. Kalau radio ini, kan, masyarakat bisa mendapat perkembangan informasi dari situ. Juga ini bisa menjadi penghibur bagi masyarakat sembari menunggu situasi kembali aman," beber Andi Yuslim.

"Bantuan emergency kit ini juga merupakan ide dari beliau," kata Abdul Rahim sambil melihat ke Anwar Adnan Saleh, mantan Gubernur Sulbar dua periode yang tak lain adalah suami dari Wakil Gubernur Sulbar saat ini.

Atas bantuan ini, Enny Anggraeny menghaturkan terima kasih mewakili masyarakat Sulbar. "Terimakasih atas bantuan yang diberikan. Ini akan sangat membantu untuk masyarakat Sulbar yang berdampak gempa bumi ini. Terutama masyarakat yang ada di Mamuju dan Majene," tuturnya.

Baca Juga : Gandeng Ije Squad Makassar, Partai Islam Se-Malaysia Ikut Bantu Korban Gempa Sulbar

Setelah menerima batuan secara simbolis, Enny Anggraeny langsung mencoba menggunakan bantuan lampu LED untuk masyarakat tersebut.

"Ini bagaimana caranya dinyalakan," tanya Enny Anggraeny kepada Andi Yuslim.

"Diputar, Bu," jawab Andi Yuslim. 

Baca Juga : Difasilitasi Wagub Sulsel, Bayi Tanpa Anus Pengungsi Gempa Sulbar Akhirnya Dirujuk di RSWS

Setelah lampu LED yang dipegang menyala, Enny Anggraenylangsung berjalan menuju halaman samping rumah jabatan. Di sana ada beberapa pemuda sementara membangun tenda di bawah suasana malam yang remang-remang.

"Jadi begini nanti caranya digunakan oleh masyarakat. Ini bisa digantung dan bisa menerangi tenda di malam hari," katanya.

Penulis : Syukur
#gempa sulbar #gempa majene