Selasa, 19 Januari 2021 17:03
Editor : Fathul Khair Akmal

RAKYATKU.COM, MAMUJU - Kapal rumah sakit TNI AL (KRI) dr Soeharso-990 (SHS-990) yang tergabung dalam Satgas Penanggulangan Bencana Alam TNI AL Sulbar langsung lakukan operasi patah tulang pasien korban gempa Mamuju, Selasa (19/01/2021)

 

Pada saat dilakukan evakuasi, sebelum masuk di KRI SHS-990 yang sandar di dermaga Lanal Mamuju terlebih dahulu pasien di terima dan diperiksa di Posko Kesehatan TNI AL yang terletak di lapangan Lanal Mamuju.

Kepala rumah sakit KRI SHS-990 Mayor laut (K) dr. Agung Malinda, Sp. OT. mengatakan akibat rusaknya sebagian fasilitas kesehatan di Mamuju akibat gempa , korban yang mengalami patah tulang akibat tertimbuhan runtuhan gempa dibawa ke SHS-990 untuk dilaksanakan tindakan medis lebih lanjut di UGD RS SHS-990.

Baca Juga : Bantu Korban Gempa, Pemkab Barru akan Salurkan Beras 2 Ton ke Sulbar

Penanganan pasien meliputi pemeriksaan awal , foto rongsen dan penentuan operasi atau tidak , apabila dilaksanakan operasi bedah tulang maka akan dilaksanakan operasi segera, ujar Mayor laut (K) dr. Agung Malinda, Sp.OT

 

“ Tim medis akan melaksanakan penyiapan ruang operasi, pembiusan, pelaksanaan operasi, perawatan pasca operasi kurang lebih 1 X 24 jam , bila pasien sudah stabil maka pasien bisa dimobilisasi untuk kembali kerumah atau kerumah sakit yang ditunjuk untuk perawatan lanjutan”ujar Kepala rumah sakit KRI SHS-990