Selasa, 19 Januari 2021 14:55

Bawa Undangan Peringatan Hari Jadi, Bupati Bulukumba Sekalian Bawa Proposal Bantuan Rp90 Miliar

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bawa Undangan Peringatan Hari Jadi, Bupati Bulukumba Sekalian Bawa Proposal Bantuan Rp90 Miliar

AM Sukri Sappewali sekaligus menyampaikan pesan-pesan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah dalam pertemuan itu.

RAKYATKU.COM - Bupati Bulukumba, Andi Sukri Andi Sappewali menemui Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah di ruang kerjanya, Senin (18/1/2021).

Dengan pakaian keki, Andi Sukri tampak berbincang hangat dengan Nurdin Abdullah yang mengenakan pakaian yang sama. Berbalut jaket berwarna cokelat.

Beberapa pejabat Pemkab Bulukumba juga hadir. Di antaranya Kadis PUPR Bulukumba, Rudy Ramlan dan Kepala Bappeda Ferryawan Fahmi.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Lakukan Pendampingan Penilaian KKP HAM dan Pelaporan Aksi HAM di Tiga Kabupaten

Kedatangan Andi Sukri untuk mengundang mantan bupati Bantaeng itu hadir pada peringatan hari jadi Bulukumba pada 4 Februari 2021. Sekaligus mengajukan permohonan bantuan anggaran pengembangan wisata Rp90 miliar.

"Diundang ke hari jadi Bulukumba sekaligus meresmikan beberapa kegiatan yang dibiayai oleh pemerintah provinsi. Terutama untuk membenahi kawasan wisata Bira," kata Nurdin Abdullah.

AM Sukri Sappewali menyampaikan bahwa selain itu gubernur meminta agar penanganan Covid-19 juga tetap diprioritaskan.

Baca Juga : Mantan Anggota DPRD Bulukumba Tiga Periode Bang Philip Gabung Partai Demokrat

"Pada hari jadi, bantuan dalam rangka pembangunan Bulukumba khususnya Bira juga akan diberikan. Seperti dua mobil untuk mengantar pengunjung Bira dari tempat parkir yang akan mengantar mengeksplore tempat wisata favorit," ungkap Sukri Sappewali.

Untuk menertibkan perparkiran di kawasan Bira, tambah Sukri, sudah disiapkan lahan parkir seluas dua hektare. Kendaraan pengunjung akan parkir di tempat tersebut, kemudian dijemput dengan mobil wisata.

"Beliau akan meresmikan bantuan provinsi yang diberikan pada tahun anggaran 2021," jelasnya.

Baca Juga : Kapal Tenggelam Saat Menuju Malaysia, Gubernur Sulsel Fasilitasi Pemulangan Jenazah PMI ke Bulukumba

Adapun untuk anggaran lanjutan penataan Bira, Sukri mengajukan bantuan Rp90 miliar. Ini untuk membiayai objek wisata dan jalan-jalan strategis yang ada.

Pembangunan infrastruktur di antaranya jalan penghubung antara Kecamatan Gantarang dengan Kecamatan Bulukumpa, penyelesaian pedesterian Bira atau Titik Nol Bira, kemudian Rock Bar.

"Kita laksanakan bertahap karena Bira akan dilaksanakan sebagai objek wisata utama," ujarnya.

Baca Juga : Panti Asuhan di Bulukumba Terima Bantuan Dari Bintara PK 97 Catur Perkasa

Hal lain yang disampaikan adalah rencana pembangunan bandara yang akan dibangun di Bira. Sejauh ini telah dilakukan pembebasan lahan. Rencananya akan dibangun tahun ini.

"Sembilan puluh lima hektare sendiri itu bandara. Itu yang bangun dari kementerian. Tahun ini mulai. Pembebasan lahannya sudah final. Lahan sudah kita siapkan, urusannya kapan dimulai itu kementerian putuskan, yang penting sudah kita siapkan," jelasnya.

Selain itu, dari kementerian juga akan memberikan pembangunan rest area sebesar Rp40 miliar.

Baca Juga : Pesta Miras di Bulukumba Berujung Maut, Dada Pria Bertato Ditikam Teman Minum

"Ada juga rest area yang diberikan kementerian itu Rp40 miliar. Bandara itu Rp70 miliar. Kenapa biaya ringan, karena di sana sudah ada bekas bandara Jepang," imbuhnya.

 

#Bulukumba