Senin, 18 Januari 2021 11:02

Hati-Hati! Beredar Link Palsu Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Saat membuka situs resmi program Kartu Prakerja, pendaftaran hanya diminta memasukan email dan membuat kombinasi password.

RAKYATKU.COM - Pemerintah memastikan akan melanjutkan program Kartu Prakerja tahun ini. Namun, hingga sekarang jadwal pembukaan pendaftaran gelombang ke-12 belum diumumkan.

Hal inipun dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Marak beredar link pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 beredar di WhatsApp (WA).

Beberapa di antaranya beralamatkan https://dashboard.prakerja12.info/ dan http://dashboard.prakerja12.xyz/.

Baca Juga : Skema Normal, Pemerintah Lanjutkan Kartu Prakerja 2023

Dari alamat situsnya patut dicurigai. Akan tetapi, memang orang akan sedikit terkecoh sat membukanya. Itu karena tampilan situs berusaha menyerupai laman resminya.

Hanya, kecurigaan bertambah saat situs-situs tadi meminta nama dan nomor handphone. Kemungkinan besar ini adalah aksi phising yang berusaha mencuri data.

Saat membuka situs resmi program Kartu Prakerja, pendaftaran hanya diminta memasukan email dan membuat kombinasi password. Namun, saat ini belum bisa dilakukan.

Baca Juga : Uang Bantuan Kartu Prakerja Naik Jadi Rp4,2 Juta

"Mohon maaf untuk sementara pendaftaran akun Prakerja ditutup dan akan dibuka pada tahun 2021," begitu keterangan yang tertulis di situs resmi program Kartu Prakerja.

Head of Communication Project Management Officet (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu saat dikonfirmasi menegaskan link yang beredar adalah hoaks.

"Pesan ini adalah hoaks yang bermaksud mengelabui masyarakat dan mencuri data pribadi. Kami meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam memberikan data pribadi di situs yang tidak benar," ujarnya Louisa dilansir dari CNBC Indonesia.

Baca Juga : Yuk, Daftar! Kartu Prakerja Gelombang 24 Sudah Dibuka

Saat ini Kartu Prakerja hanya memiliki satu situs resmi, https://www.prakerja.go.id/. Pendaftaran peserta baru akan dilakukan secara online melalui situs tersebut. Tidak ada situs lain yang digunakan untuk mendaftarkan program ini.

"Pembukaan gelombang 12 akan diumumkan melalui media dan media sosial resmi Kartu Prakerja, Instagram dan Facebook, dengan nama akun @prakerja.go.id," ungkapnya.

#Kartu Prakerja