Sabtu, 16 Januari 2021 15:51

Tiba di Mamuju, Tim Medis PSC Luwu Utara Langsung Operasi Pasien RSUD Sulbar

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Tiba di Mamuju, Tim Medis PSC Luwu Utara Langsung Operasi Pasien RSUD Sulbar

Tim PSC 119 Luwu Utara rencananya akan berada di sana untuk jangka waktu 4 hari ke depan.

MAMUJU -- Tim Public Safety Center (PSC) Dinas Kesehatan Pemda Luwu Utara sudah tiba di lokasi bencana gempa bumi di Majumu, Provinsi Sulawesi Barat, Sabtu (16/1/2021), pagi tadi. Tim PSC 119 Luwu Utara ini dipimpin dr. Aris bersama tiga tim PSC lainnya.

Selain membawa bantuan obat-obatan dan peralatan medis lainnya, PSC 119 Luwu Utara juga ikut membantu melakukan evakuasi korban, sekaligus memberikan perawatan kepada korban yang masih dirawat di RSUD Provinsi Sulbar, saat tim ini tiba di Mamuju.

Koordinator PSC Luwu Utara, dr. Aris, dari Mamuju melaporkan bahwa Tim PSC yang ia pimpin tiba di Mamuju pada pukul 08.00 pagi, dan langsung melapor ke Koordinator Medik RSUD Provinsi Sulbar, dr. Hisbullah, sekaligus melakukan briefing.

Baca Juga : 

“Tim Medis PSC Luwu Utara langsung bertugas membantu proses evakuasi bersama tim PSC dari daerah lainnya,” kata Aris.

Selain membantu evakuasi, PSC Luwu Utara juga langsung memberikan perawatan kepada salah satu pasien di RSUD Provinsi Sulbar.

 

“Tadi jam 11.30, kita juga melakukan operasi thoracostomy kepada seorang pasien lelaki atas nama Tn. M usia 23 tahun, karena pasien ini mengidap penyakit pneumothorax sinistra,” jelas Aris, yang juga salah satu dokter spesialis bedah yang dimiliki Luwu Utara.

 

Terpisah, Kadis Kesehatan melalui Kasi Pelayanan Kesehatan Rujukan, Widyastuti Djafar, menyebutkan, Tim PSC 119 Lutra yang saat ini melakukan misi kemanusiaan di Sulbar, rencananya akan berada di sana untuk jangka waktu 4 hari ke depan.

“Kita mengirim dokter bedah dan beberapa perawat, karena mereka ini yang akan langsung memberikan pelayanan kesehatan untuk para korban, utamanya dokter bedah, karena biasanya yang dibutuhkan pertama adalah dokter bedah,” ucap Widyastuti.

Ia menambahkan, setelah empat hari, pihaknya kembali akan mengirim Tim PSC lainnya untuk kembali melakukan misi kemanusiaan di wilayah terdampak lainnya di Sulbar. “Tetap kita akan kirim lagi, dan mungkin bantuan juga akan bertambah,” jelasnya.

Sekadar diketahui, dr. Aris adalah seorang dokter PNS spesialis bedah. Ia masih muda, dengan jiwa pengabdian begitu tinggi. “Alhamdulillah, kita punya dokter PNS ahli bedah yang merelakan dirinya bergabung di PSC,” kata Kadis Kesehatan Marhani di hadapan Bupati saat acara peresmian Gedung PSC 119, Jumat (15/1/2021) kemarin.

#pemkab luwu utara