Sabtu, 16 Januari 2021 11:37
Editor : Alief Sappewali

RAKYATKU.COM - Bukan Donald Trump kalau tidak bikin sensasi. Pelantikan penggantinya, Joe Biden pun bakal mencetak sejarah baru.

 

Ini pertama kalinya, pelantikan presiden Amerika Serikat tidak dihadiri pendahulunya. Donald Trump memutuskan akan meninggalkan Gedung Putih pagi hari sebelum acara pelantikan.

Pelantikan akan berlangsung di Gedung Putih di Washington DC pada 20 Januari 2021.

Baca Juga : Rincian Kasus yang Didakwakan Terhadap Donald Trump

Dikutip dari AFP dan Reuters, Sabtu (16/1/2021), Trump sebelumnya telah menegaskan dirinya tidak akan menghadiri pelantikan Biden.

 

Hal ini akan menjadikan Trump sebagai presiden pertama di AS selama satu setengah abad terakhir yang tidak menghadiri pelantikan penggantinya.

Seorang pejabat AS yang enggan disebut namanya menuturkan bahwa Trump akan terbang meninggalkan Gedung Putih dengan helikopter pada Rabu pagi (20/1/2021).

Baca Juga : Akun Instagram dan Facebook Donald Trump akan Dipulihkan

Pelantikan Biden sebagai Presiden ke-46 AS akan digelar di Gedung Capitol AS pada Rabu siang (20/1/2021) waktu setempat.

Kabarnya, Trump akan terbang ke klub golf miliknya di Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida, yang merupakan kediaman resminya dan akan menjadi tempat tinggalnya setelah mengakhiri jabatannya sebagai presiden AS.

Saat Biden mengucapkan sumpah jabatannya di tangga Gedung Capitol pada siang hari, Trump kemungkinan besar sudah berada di Florida. Trump tidak akan menyambut kedatangan Biden di Gedung Putih.

Baca Juga : Maut Mengintai Jenderal Marinir Amerika

Biasanya seorang presiden baru AS disambut oleh pendahulunya ketika pertama kali tiba di Gedung Putih.

Menurut tradisi sejak lama di AS, seorang presiden yang mengakhiri masa jabatannya juga biasanya berdiri di samping penggantinya di tangga Gedung Capitol, mengawasi penggantinya saat mengucapkan sumpah jabatan dan menunjukkan dukungan untuk transfer kekuasaan secara damai.