Jumat, 15 Januari 2021 21:50

Sebagai Saudara Terdekat, Gubernur Sulsel Siap Tampung Pengungsi Sulbar di Makassar

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Sebagai Saudara Terdekat, Gubernur Sulsel Siap Tampung Pengungsi Sulbar di Makassar

Nurdin Abdullah mengatakan, pihaknya siap membantu masyarakat Sulawesi Barat yang terkena dampak gempa untuk ditampung di Kota Makassar.

RAKYATKU.COM - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah turun meninjau langsung situasi gempa bumi di Sulawesi Barat, Jumat (15/1/2021).

Dia mengatakan, setelah melihat berbagai situasi yang ada, yang sangat dibutuhkan saat ini adalah tempat penampungan atau pengisian yang aman.

Sebab, kata dia, berdasarkan berita dari BMKG akan gempa susulan yang lebih besar dan kemungkinan akan diikuti tsunami.

Baca Juga : 

"Oleh karena itu tentu kita berharap masyarakat yang berada di pesisir, saya mohon supaya mengosongkan rumahnya," tuturnya.

Nurdin Abdullah juga mengatakan, pihaknya siap membantu masyarakat Sulawesi Barat yang terkena dampak gempa untuk ditampung di Kota Makassar.

"Bantuan dari dirut Garuda, armada yang bisa digunakan untuk semua tim medis untuk ke sini. Begitu juga kalau ada yang harus kita evakuasi ke Makassar, kita juga sudah menawarkan tadi. Kalau ada yang harus kita evakuasi ke Makassar, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sudah menyiapkan tempat, baik untuk penampungan maupun untuk perawatan," jelas Nurdin Abdullah sebelum bertolak kembali ke Makassar, Jumat sore (15/1/2021).

 

Menurut Nurdin, sebagai saudara terdekat, tentunya merasa terpanggil untuk turun langsung melihat keadaan masyarakat Sulbar yang terkena dampak gempa. Selain itu, Sulbar juga merupakan wilayah Kodam XIV Hasanuddin.

"Kami bersama Bapak Panglima Kodam 14 Hasanuddin dengan Pak Kapolda dari tadi pagi telah menerima berita gempa di Sulbar. Sebagai saudara kita terdekat kami datang untuk memberikan support kepada Pak Gubernur (Sulbar), dan tentunya Bapak Panglima karena ini masih wilayah Kodam XIV Hasanuddin," ungkapnya.

Pihaknya juga telah memberikan langkah-langkah penyelamatan. Sebelum ke Sulbar, sudah menyediakan beberapa logistik yang diangkut oleh kapal Lantamal VI.

"Saya kira hari ini juga Pak Doni Munardo ada di sini, Ibu Menteri Sosial. Mudah-mudahan ini akan meringankan cobaan daripada masyarakat Sulbar yang terkena dampak gempa," tutupnya.

Diketahui, sejumlah korban gempa Sulbar dievakuasi ke Makassar dengan menggunakan pesawat milik TNI AU. Ada yang mengalami luka parah dan akan dirujuk ke rumah sakit di Makassar.

Penulis : Yuniastika Datu
#gempa sulbar #Nurdin Abdullah