Kamis, 14 Januari 2021 20:06

Appi Digadang Pimpin Golkar Makassar

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Munafri Arifuddin memperlihatkan KTA Partai Golkar beberapa waktu lalu.
Munafri Arifuddin memperlihatkan KTA Partai Golkar beberapa waktu lalu.

Taufan Pawe sudah bertemu dengan Appi di Jakarta baru-baru ini.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Nama Munafri Arifuddin alias Appi mulai mencuat jelang suksesi Musda Golkar Makassar. Appi disebut-disebut sedang dalam tahap lobi oleh elite Golkar Sulsel.

Informasi yang diperoleh Rakyatku.com, Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel, Taufan Pawe sudah bertemu dengan Appi. Pertemuan berlangsung di Jakarta pada Minggu (10/1/2021).

Taufan Pawe yang dikonfirmasi masih enggan blak-blakan dengan isu Appi yang digadang-gadang memimpin Golkar Makassar. Wali kota Parepare dua periode itu pun tak membantah dan mengakui ikhwal pertemuannya dengan sang CEO PSM Makassar.

Baca Juga : RUPS Tahunan PT LIB, Jajaran Komisaris dan Direksi Berubah

Ia cuma menegaskan, ada proses yang harus dilalui kader bila ingin memimpin di Partai Golkar. "Tidak dikenal pemberian mandat dalam tubuh Golkar untuk nakhodai Golkar. Semuanya melalui proses dinda," tulis Taufan Pawe melalui pesan singkat, pada Kamis (14/1/2021).

Appi memang masih seumur jagung di Partai Golkar. Menantu Aksa Mahmud itu baru bergabung jelang Pilkada Makassar 2020, tepatnya bulan Agustus tahun lalu.

Salah satu syarat untuk lolos menjadi calon ketua adalah pernah menjadi pengurus dalam satu periode. Namun, syarat ini bisa tak berlaku bila Appi mengantongi "surat sakti" alias diskresi dari Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto.

Baca Juga : Gantikan Munafri Arifuddin, Sadikin Aksa Duduki Posisi Direktur Utama PSM Makassar

Seperti yang dialami Supriansa saat maju sebagai calon ketua Golkar Sulsel pada tahun lalu. Supriansa yang juga kader baru mendapat diskresi dari Airlangga karena dinilai layak memimpin Golkar Sulsel. Setali tiga uang dengan Taufan Pawe. Taufan yang terganjal syarat memiliki saudara di partai lain akhirnya mendapat diskresi jelang detik-detik pemilihan.

Diskresi kemungkinan besar akan berlanjut di Musda Golkar DPD II kabupaten/kota Provinsi Sulsel. Sebab, Taufan Pawe sudah meminta diskresi kepada Airlangga dalam pelaksanaan musda DPD II. Permintaan ini disampaikan pada hari yang sama saat Taufan bertemu Appi di Jakarta.

"Beliau apresiasi keinginan saya untuk meminta beberapa diskresi dari Ketum dalam pelaksanaan Musda di beberapa daerah. Beliau mengatakan, silakan ketua DPD I usulkan siapa yang layak maka akan diproses oleh Sekjen untuk segera diterbitkan," kata TP menirukan percakapan Airlangga Hartarto pada Minggu (10/1/2021) lalu.

Baca Juga : Makna Tersirat TP Dihadiahi Jersey PSM Makassar Nomor Punggung 01

Bursa Calon

Taufan Pawe sudah menunjuk Irianto Ahmad sebagai Plt Ketua Golkar Makassar. Penunjukan ini menyusul masa jabatan Farouk M Betta sudah berakhir. Penunjukan plt juga terjadi di 23 kabupaten/kota, Provinsi Sulsel.

Irianto ditugaskan memimpin konsolidasi Golkar Makassar. Terpenting, bertugas menyelenggarakan musyawarah daerah (musda) untuk memilih pengurus definitif.

Baca Juga : Appi dan Bernardo Tavares ke Gowa: Lapangan Ini yang Kita Cari

Hingga kini, belum ada jadwal musda DPD II Golkar Makassar. Wajar saja nama-nama bakal calon Ketua Golkar Makassar masih tergolong minim.

Bila mencermati internal Partai Golkar, kader yang berpotensi memimpin di Makassar selain Appi adalah Abdul Wahab Tahir. Dia adalah loyalis Nurdin Halid.

Tidak menutup kemungkinan, anak Nurdin Halid yakni Nurhaldin bakal didorong. Nurhaldin saat ini menjabat wakil ketua DPRD Makassar.

Baca Juga : Bupati Gowa Persilakan PSM Makassar Latihan di Stadion Kalegowa

Nama lainnya adalah Irman Yasin Limpo alias None yang kini bergabung di Golkar. None sudah masuk pengurus Golkar Sulsel di kabinet Taufan Pawe.

Penulis : Hasrul Nawir
#Munafri Arifuddin #Musda Golkar Makassar