Selasa, 12 Januari 2021 09:18

Hadiri Milad Ke-82 dan Wisuda Sarjana DDI Mangkoso, Bupati Barru Letakkan Batu Pertama GOR

Alief Sappewali
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hadiri Milad Ke-82 dan Wisuda Sarjana DDI Mangkoso, Bupati Barru Letakkan Batu Pertama GOR

Suardi Saleh turut mengingatkan kisah teladan tentang peran Anregurutta Ambo Dalle sebagai ulama dan Petta Soppeng selaku umara di masa silam.

RAKYATKU.COM,BARRU - Pada hari milad ke-82 Pesantren DDI Mangkoso dirangkaikan dengan beberapa kegiatan, Senin (12/1/2020).

Dimulai dengan peletakan batu pertama gedung olahraga (GOR) di lokasi santri putri, wisuda sarjana ke-29 serta beberapa aktivitas lainnya. Seluruh kegiatan berlangsung dengan protokol kesehatan.

Bupati Barru, Suardi Saleh hadir memenuhi undangan pimpinan Pesantren DDI Mangkoso, AGH Faried Wajdy. Kedua simbol puncak ulama dan umara (pemerintah) di Barru ini sepanjang kegiatan terlihat terus berdampingan.

Baca Juga : 

Suardi Saleh saat memberi sambutan, lugas menyampaikan bangga dan rasa syukurnya atas perjalanan pesantren tertua di Barru. Umur 82 tahun adalah masa yang panjang dalam membangun umat.

"Bahagia dan bangga atas berbagai prestasi dan pencapaian yang dilakukan oleh Pondok Pesantren DDI Mangkoso. Kita turut bersyukur atas milad dan kelahiran para sarjana baru," sebut pemimpin yang diakui rakyatnya berhasil memimpin terwujudnya napas keagamaan di periode pertamanya.

 

Suardi Saleh turut mengingatkan kisah teladan tentang peran Anregurutta Ambo Dalle sebagai ulama dan Petta Soppeng selaku umara di masa silam. Keduanya merupakan sosok yang tak terpisahkan atas sejarah berdirinya Pondok Pesantren DDI Mangkoso.

"Keduanya lah yang menjadi asal muasal sekaligus peletak batu pertama pesantren kita. Hal ini, menjadi harapan, agar Barru selalu menampilkan keharmonisan positif antara umara dan ulama-nya," ucapnya.

Podium yang diletakkan di depan para wisudawan menjadi sentral perhatian saat Bupati Suardi Saleh dengan lantang memberikan pesan bermakna filosofis bagi para wisudawan.

"Ketahui lah anak-anakku semua. Kalian bukan hanya sarjana ilmu, namun juga sarjana agama. Karena itu, tampil lah sebagai ilmuwan yang agamawan atau sebagai agamawan yang ilmuwan. Miliki lah semangat ilmiah sekaligus amaliah," nasihat Bupati Barru di hadapan para wisudawan alumnus perguruan tinggi DDI Mangkoso.

Mantan kepala Dinas PU itu juga meminta kepada warga pesantren untuk terus memperkuat istighasah dalam berdoa bersama mengharap berhentinya pandemi Covid-19. Serta mendoakan agar daerah yang dipimpinnya semakin lebih baik.

Penulis : Achmad Afandy
#barru