Minggu, 10 Januari 2021 09:10

Gubernur Sulsel Fokus Tuntaskan Pembangunan Irigasi Cenranae Wajo

Fathul Khair Akmal
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Gubernur Sulsel Fokus Tuntaskan Pembangunan Irigasi Cenranae Wajo

Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM. Nurdin Abdullah meninjau pembangunan Irigasi Cenranae di Desa Lampulung Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo, Sabtu (9/1/2021).

RAKYATKU.COM, WAJO - Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM. Nurdin Abdullah meninjau pembangunan Irigasi Cenranae di Desa Lampulung Kecamatan Pammana Kabupaten Wajo, Sabtu (9/1/2021).

Hadir mendampingi Gunernur Sulsel Bupati Wajo H. Amran Mahmud, Wakil Bupati Wajo H. Amran SE, Anggota DPRD Sulsel HA. Ansyari Mangkona, Ketua DPRD Wajo HA. Alauddin Palaguna dan Forkopimda Wajo.

Bupati Wajo H. Amran Mahmud dalam laporannya mengatakan, pembangunan irigasi ini untuk mengendalikan air sungai Cenrana. Irigasi ini akan mengairi sampai 14 Km dengan areal persawahan kurang blebih 2.300 Ha di 9 Desa di dua Kecamatan. Rinciannya 6 desa di Pammana dan 3 desa di Majaluleng.

Baca Juga : PKK Sulsel Gelar Ramadan Festive 2024

Amran Mahmud mengatakan, pembangunan yang sekarang ini 800 meter ditambah normalisasi 2 kilometer jadi membutuhkan 12 kilometer normalisasi untuk mengoptimalkan 2.300 hektar.

"Wajo ini memiliki area persawahan yang sangat luas dibanding kabupaten Sidrap. Namun yang membedakan kalau di Sidrap hampir memiliki irigasi teknis, sementara di Wajo ini sekitar 70 persen tadah hujan, makanya itu kami akan mensupport penuh untuk bagaimana potensi air yang ada di danau Tempe ini bisa bermanfaat untuk irigasi sektor pertanian," ungkapnya.

Dikatakan bahwa, sekitar ada 14 Km irigasi di Cenranae ini, dan sekarang baru 2 kilomter yang diselesaikan dan sekitar 12 Km akan lagi dilakukan normalisasi. "Saya yakin ini akan segera dimanfaatkan dan tahun ini kita tuntaskan normalisasi tersebut," pungkasnya.(Red-Adv)

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #Pemprov Sulsel