Kamis, 07 Januari 2021 20:02

Awal 2021, Progres Makassar New Port Capai 63,75 Persen

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Foto: PT Pelindo IV.
Foto: PT Pelindo IV.

Perseroan tetap mengebut pembangunan MNP agar pengerjaannya bisa kelar sesuai dengan target yang ditetapkan.

RAKYATKU.COM - PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) hingga 5 Januari 2021 sudah menyelesaikan 63,75 persen progres pembangunan Makassar New Port (MNP) tahap lanjutan 2019–2022.

Direktur Utama PT Pelindo IV, Prasetyadi, mengatakan secara total pembangunan Pelabuhan Baru Makassar itu akan rampung pada sekitar akhir 2022 mendatang.

Menurutnya, meski tahun lalu pihaknya dikepung oleh Pandemi COVID-19 yang masih berlanjut hingga saat ini, perseroan tetap mengebut pembangunan MNP agar pengerjaannya bisa kelar sesuai dengan target yang ditetapkan.

Baca Juga : Wakil Ketua Komisi V DPR RI Tinjau Proyek Pembangunan Jalan Akses Tol MNP

"Untuk tahap 1 A sudah rampung dan beroperasi sejak awal November 2018. Kemudian dikebut lagi Tahap 1 B dan 1 C," kata Prasetyadi dalam keterangan resminya, Kamis (7/1/2021).

Senior Manager Fasilitas Pelabuhan PT Pelindo IV, Arwin, menyebutkan, kegiatan yang dilakukan di pembangunan MNP tahap lanjutan 2019–2022 hingga 5 Januari 2021 yaitu, bore pile dan secant pile, produksi beton precast, serta instal beton precast.

PT Pelindo IV membangun MNP Tahap 1 B dan 1 C dengan menggelontorkan investasi Rp2,8 triliun.

Baca Juga : Groundbreaking Tol MNP, Wawali Makassar Harap Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Kehadiran megaproyek ini untuk mengintegrasikan pelabuhan hub khususnya di Kawasan Timur Indonesia (KTI), di mana pada Tahap I B dan Tahap I C yang pembangunannya kini sedang berjalan masing-masing memiliki panjang dermaga 330 meter dan 350 meter.

Sedangkan dermaga sisi selatan Tahap I C yang saat ini dibangun bersamaan memiliki panjang 600 meter, sehingga total kapasitas Tahap I diperkirakan mencapai 2,4 juta sampai dengan 2,6 juta TEUs per tahun.

Di Tahap I D juga nantinya akan dibangun dermaga dengan panjang 310 meter. Pelindo IV juga akan membangun sebuah kawasan industri di MNP untuk menciptakan ekosistem investasi yang sehat, khususnya di Sulawesi Selatan dan KTI pada umumnya.

Kawasan industri yang dibangun akan terintegrasi dengan pelabuhan, sehingga MNP akan menjadi salah satu pelabuhan untuk integrated port, di mana pelabuhan dengan kawasan industri akan menyatu.

#PT Pelindo IV Persero #Makassar New Port